BERITA  

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Surau Al-Rahman di Tayan Hilir

SANGGAU, infodesaku.com – Pembangunan Surau Al-Rahman terletak di Dusun Mungguk DAS, Desa Subah, Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau resmi dimulai, pada Rabu (31/03).

Hal itu ditandai dengan telah dilaksanakan peletakan batu pertama, yang dihadiri Staf Ahli Bupati Sanggau, Shofiar Juliansyah, S.E., M.M., Pasi Teritorial Kodim 1204 Kapten Eko Prasetyo Prabowo, Sanggau Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sanggau, Syafriansyah, Kapolsek Tayan Hilir AKP Kuswanto, Danramil 1204-07 Kapten Demianus Ruspana, Sekcam Tayan Akhmad Surgama, S.E., M.M., Kepala Desa Subah, Yulianus Atin, tokoh masyarakat Subah dan sejumlah ketua ormas dan pihak lainnya.
Sebelum dilaksanakan peletakan batu pertama pembangunan tersebut, terlebih dahulu digelar Seremoni. 

Kepala Desa Subah, Yulianus Atin mengatakan pihaknya sangat mendukung adanya rencana pembangunan Surau Al – Rahman tersebut, guna
menjaga amanah Seven Brand Image Sanggau yakni Budiman.

“Dukungan kami sepenuhnya, selain itu guna menjabarkan Seven Brand Image yakni Sanggau Berbudaya dan Beriman atau Budiman,” tegas pria yang akrab disapa Atin ini. 
Atin mengingatkan segi kelayakan sebuah rumah ibadah mesti diperhatikan. Demikian pula terhadap Surau Al-Rahman nantinya. Sehingga bisa bertahan lama. Artinya tidak dibangun beberapa tahun sudah rusak.

“Rumah ibadah dibangun untuk seumur hidup. Kelayakannya mesti dipertimbangkan sejak awal membangun. Sehingga bisa bertahan lama,” pinta nya.

Namun yang terpenting kata Atin, mulai dari proses pembangunan hingga nantinya, hendaknya tidak mengesampingkan nilai-nilai kearifan lokal yang ada di wilayah tersebut. Teloransi beragama dan kerukunan antar sesama mesti terus ditingkatkan dan tetap terjaga. 

“Semua administrasi perizinan yang dibuat harus pada koridornya. Dan saat ini sudah memenuhi aturan. Maka dilaksanakanlah pembangunan Surah Al Rahman ini. Namun, hendaknya nilai-nilai kearifan lokal mesti tetap selalu diperhatikan,” harapnya.
Atin mengingatkan panitia pelaksana, jika ada apa-apa atau kendala hendaknya segera dikomunikasikan. 

“Kita minta kepada panitia pelaksana, jangan sungkan berkomunikasi jika ada kendala. Harapan kita dengan rampung nya pembangunan surau ini nanti, umat muslim di wilayah Dusun Mungguk DAS ini khususnya bisa lebih khusu’ menjalankan ibadah,” ucapnya. 
Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Tayan Hilir, Akhmad Surgama Sahar SE, MM mengimbau warga setempat untuk tetap saling menghargai, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan lokal.

“Kita mengimbau agar warga tetap saling menjaga nilai-nilai kearifan lokal. Semoga proses pembangunan surau ini berjalan lancar,” ujarnya. 
Kemudian, Pasi Teritorial Kodim 1204 Sanggau, Kapten Eko Prasetyo Prabowo mengatakan saat ini kondisi wilayah Kabupaten Sanggau aman dan damai, teloransi beragama sangatlah baik. Untuk itu, pembangunan sebuah rumah ibadah merupakan suatu yang penting dalam menciptakan kondusifitas yang selama ini sudah ada.

“Kita berikan penghargaan yang setingginya atas teloransi dan kerukunan yang sudah terjalin selama ini di wilayah Kabupaten Sanggau umumnya. Kita apresiasi atas dukungan semua unsur di Desa Subah atas pembangunan rumah ibadah ini,” ungkapnya.

Kapolsek Tayan Hilir, AKP Kuswanto berharap pembangunan Surau Al Rahman itu nantinya bisa berjalan lancar. Selain itu mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak sehingga dapat dimulai pembangunan tersebut.

“Diharapkan dengan dibangun Surau Al Rahman ini jemaahnya banyak. Selain itu, kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung, sehingga bisa dimulainya pembangunan surau ini. Harapan kita pembangunan ini bisa berjalan lancar,” ucapnya. 
Sementara, Staf Ahli Bupati Sanggau Juliansyah Shofiar mengatakan atasnama Pemkab Sanggau, pihaknya sangat berterima kasih atas rencana pembangunan Surau Al-Rahman ini.

“Mewakili Pemkab Sanggau, saya mengucapkan terima kasih atas dimulainya pembangunan Surau Al Rahman ini,” tegasnya. 
Dijelaskan, untuk membangun rumah ibadah, tidaklah hanya dukungan satu unsur saja. Akan tetapi, salah satunya rekomendasi masyarakat setempat atau lingkungan.
Untuk itu, Pemkab Sanggau sangat mendukung pembangunan Surau Al Rahman ini, sebab sudah mendapatkan dukungan dari masyarakat setempat.

“Kita berterima kasih atas dukungan semua pihak di Desa Subah ini, sehingga pembangunan surau ini bisa dimulai. Nah, sehingga persyaratan untuk membangun rumah ibadah sudah aman. Terlebih lagi dalam peletakan batu pertama ini disaksikan perwakilan Dandim 1204 Sanggau, Kapolsek Tayan Hilir yang mewakili Kapolres Sanggau, Ketua DMI sudah menjamin serta dukungan dari Pak Kades Subah ini, kita yakin pembangunan ini berjalan lancar, ” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan adanya program bantuan di Pemkab Sanggau untuk rumah ibadah. Namun ada persyaratan yang mesti dilengkapi oleh panitia pelaksana pembangunan. 
” Silakan panitia melengkapi persyaratan untuk pengajuan bantuan rumah ibadah di Pemkab Sanggau,” ujarnya.

Usai seremoni tersebut, selanjutnya dilaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Surau Al Rahman, dimulai dari Staf Ahli Bupati Sanggau, Juliansyah Shofiar secara bergantian kepada pihak-pihak lainnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.