13 Tempat Wisata di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatera Barat

5
979
Kelok Sembilan Sumbar

Sebagai kabupaten terbesar di Provinsi Sumatera Barat, Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kota Payakumbuh memiliki banyak tempat wisata dan kuliner yang enak-enak, tak salah kota ini disebut Kota Budaya dan Kota Galamai.

Wisatawan dapat menemukan banyak pilihan tempat wisata yang menarik disini. Berikut ini Anak Desa mencoba merangkum tempat-tempat wisata yang menarik di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota.

1. Jembatan Kelok 9

Jembatan Layang Kelok 9 Sumber foto : www.google.co.id
Jembatan Layang Kelok 9 Sumber foto : www.google.co.id

Mega proyek ini dibangun pada masa pemerintahan SBY, Jembatan dibangun untuk mempermudah akses kendaraan yang melintas dari dan ke Pekanbaru Riau. Tak salah tempat ini dijadikan oleh wisatawan sebagai tempat liburan di akhir pekannya. Para Pengunjung dapat menikmati makanan-makanan khas daerah ini yang di jual disekitar Jembatan kelok sembilan pastinya dengan harga yang pas dengan kantong wisatawan.

2. Lembah Harau

Lembah Harau Sumber Foto : www.google.co.id
Lembah Harau Sumber Foto : www.google.co.id

Patahan Lempengan Bumi ini tercipta sangat indah di Lembah Harau, Tepian lembah ini terdiri dari Lapisan Bebatuan yang sangat keras. Bagi anda yang suka dengan olahraga panjat tebing, Anak Desa menyarankan untuk mencobanya disini. Apalagi dibawahnya ada persawahan yang sangat hijau. Selain itu ada juga beberapa air terjun yang terdapat disini, percikan air yang dingin dapat menambah suasana yang pas bagi anda, apalagi anda diperbolehkan untuk berenang-renang di sekitaran air terjun ini.

3. Ngalau Indah

Ngalau Indah Sumber Foto : www.google.co.id
Ngalau Indah Sumber Foto : www.google.co.id

Ngalau jika diterjemaahkan kedalam bahasa Indonesia, dapat diartikan sebagai Goa. Ngalau Indah ini salah satu objek wisata yang paling dekat dengan Pusat Kota Payakumbuh. Di Ngalau Indah ini kita dapat menemukan wisata goa yang mana didalamnya terdapat juga arena pemandian.  Ngalau Indah ini berada pada ketinggian 640 mdpl. Ngalau Indah juga mempunyai Stalagtit dan Stalagmit yang memperindah suasana didalam goa.

Baca Juga:   8 Tujuan Wisata Kota Sawahlunto Sumatera Barat

4. Kapalo Banda

Kapalo Banda Sumber Foto : www.google.co.id
Kapalo Banda Sumber Foto : www.google.co.id

Objek Wisata ini terdapat didaerah Taram. Kapalo Banda merupakan objek wisata air pengunungan yang sangat bersih ditambah dengan pemandangan yang sangat indah. Dahulunya tempat wisata ini merupakan saluran irigasi persawahan namun setelah adanya sedikit pembangunan, akhirnya irigasi ini menjadi objek wisata unggulan daerah ini.

5. Aia Baba Halaban

Aia Baba Halaban Sumber Foto : www.google.co.id
Aia Baba Halaban Sumber Foto : www.google.co.id

Bagi yang suka olahraga renang, Aia Baba Halaban sangat cocok buat anda kunjungi. Tempat Pemandian ini airnya berasal dari mata air pengunungan yang sangat dingin. Suasana mandi akan sangat berbeda dari pada biasanya karena disekeliling tempat wisata ini di percantik dengan pemandangan alam yang sangat hijau.

6. Batang Tabik

Batang Tabik Sumber Foto : www.google.co.id
Batang Tabik Sumber Foto : www.google.co.id

Batang Tabik juga merupakan objek wisata yang paling dikenal oleh wisatawan. Di sini juga wisatawan juga dapat berenang, dan renangnya sambil ditemani oleh banyak Ikan-ikan yang hidup di tempat pemandian ini.

7. Air Terjun Lubuak Bulan

Air Terjun Lubuak Bulan Sumber Foto : www.google.co.id
Air Terjun Lubuak Bulan Sumber Foto : www.google.co.id

Air terjun lubuak bulan juga merupakan objek wisata unggulannya daerah ini. Air terjun ini mempunyai kolam yang jika dilihat dari atas bentuknya hampir mirip dengan Bulan Sabit. Oleh Karena itu masyarakat sekitar menamai tempat ini dengan sebutan Air terjun Lubuak Bulan.

Baca Juga:   9 Objek Wisata Menarik di Kota Painan Pesisir Selatan Sumatera Barat

8. Rumah Tan Malaka

Rumah Tan Malaka Sumber Foto : www.google.co.id
Rumah Tan Malaka Sumber Foto : www.google.co.id

Pastinya kita mengetahui sosok pejuang yang satu ini, ya Tan Malaka, Pejuang ini dilahirkan dan dibesarkan di Kota Payakumbuh, sehingga rumah peninggalannya pun dijadikan objek wisata. Rumah Tan Malaka dibangun pada tahun 1936, dan sekarang rumah ini telah beralih fungsi sebagai objek wisata unggulan negeri ini.

9. Danau Aia Sonsang

Danau Aia Sonsang Sumber Foto : www.google.co.id
Danau Aia Sonsang Sumber Foto : www.google.co.id

Danau ini terbentuk karena bendungan sungai kecil yang dibuat oleh masyarakat sekitar, yang fungsinya sebagai irigasi pertanian.

10. Goa Ngalau Seribu

Goa ini merupakan Goa Kecil yang sangat cantik yang ada di Lembah Harau. Di Goa ini kita dapat menyaksikan keindahan panorama lembah harau dengan sangat sempurna. Selain itu, disini juga terdapat air terjun ngalau seibu yang menyempurnakan objek wisata ini.

11. Menhir

Menhir Sumber Foto : www.google.co.id
Menhir Sumber Foto : www.google.co.id

Menhir atau Batu besar yang ada di Maek ini merupakan peninggalan sejarah pada zaman megalitikum. Keberadaannya di Maek sangatlah banyak, sehingga masyarakat sekitar memberikan istilah untuk tempat ini sebagai Nagari Seribu Menhir yang pastinya sangat seru untuk dikunjungi.

12. Rumah Gadang Sungai Beringin

Rumah Gadang Sungai Barangin Sumber Foto : www.google.co.id
Rumah Gadang Sungai Barangin Sumber Foto : www.google.co.id

Rumah Gadang Suku Minangkabau ini berdiri kokoh sejak tahun 1994. Bangunannya hampir mirip dengan Bangunan Istana Pagaruyung Di Batusangkar Sumatera Barat.

Baca Juga:   Inilah 9 Daftar Objek Wisata Kota Padang Panjang Sumatera Barat

13. Panorama Selat Malaka

Panorama Selat Malaka Sumber Foto : www.google.co.id
Panorama Selat Malaka Sumber Foto : www.google.co.id

Tempat wisata ini tidaklah jauh dari Area Kelok Sembilan, disini wisatawan dapat melihat pemandangan hijau yang membentang sangat luas. Panorama malam hari jika cuaca sangat bagus, wisatawan dapat melihat dengan jelas kehidupan di selat malaka.

 

Itulah 13 tempat wisata yang ada di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota, dan masih banyak lagi tempat-tempat wisata yang sobat wajib buat dikunjungi. Jika Anda telah Puas dengan Wisata Payakumbuh dan Lima Puluh Kota, Alangkah Baiknya Mampir juga di Kota Bukittinggi (Inilah 9 Tempat Wisata Bukittinggi Yang Sering diburu Wisatawan !!!) 

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY