Inilah 9 Daftar Objek Wisata Kota Padang Panjang Sumatera Barat

2
1742
Air Terjun Lembah Anai

Sumatera Barat Kaya Akan Pariwisatanya dan Kota Padang Panjang adalah salah satunya. Kota Padang Panjang merupakan Kota Kecil yang sangat dingin di Provinsi Sumatera Barat, berjarak sekitar 96,7 Kilometer atau sekitar 2 jam perjalanan dari Ibukota provinsi.

Kota Padang Panjang pernah menjadi Pusat Ibukota Provinsi Sumatera Barat ketika Belanda melakukan Agresi Militer pada tahun 1947. Kota ini mempunyai dua julukan, yaitu sebagai Kota Serambi Mekah dan Mesir van Andalas.

Berikut ini Anak Desa akan merankum beberapa objek wisata yang dapat di kunjungi ketika anda berada di Kota Padang Panjang:

1. Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai Sumber Foto : www.google.com
Air Terjun Lembah Anai Sumber Foto : www.google.com

Air terjun ini terletak dalam kawasan cagar alam lembah anai yang termasuk kedalam wilayah administratif Kabupaten Tanah Datar, namun memiliki jarak yang sangat dekat dengan Kota Padang Panjang.

Air Terjun Lembah Anai ini merupakan salah satu maskot wisata Provinsi Sumatera Barat, terletak sejauh 66,4 Kilometer dari Kota Padang dengan estimasi waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan normal.

Lembah Anai merupakan kawasan hutan lindung, sehingga pengunjung dapat menikmati hijaunya pepohonan dan dapat menjumpai satwa-satwa liar disekitarnya.

2. Minang Fantasi Waterpark

Mifan Waterpark Sumber Foto : www.google.com
Mifan Waterpark Sumber Foto : www.google.com

Minang Fantasi (Mifan) menjadi pilihan wajib wisatawan jika berada di Kota Padang Panjang. Mifan tidak hanya destinasi wisata air, banyak ragam wisata yang dapat kita rasakan disini seperti Sarana Cottage dan Sarana Edukasi mengenai budaya, adat istiadat dan lingkungan.

Baca Juga:   Inilah 7 Daftar Wisata Lengkap Kepulauan Mentawai yang di Buru Wisatawan Internasional

Didalam Kawasan Mifan juga dapat kita temukan perkampungan Minangkabau Abad ke-19, dan hingga saat ini replika bangunan tersebut masih dipertahankan dan dimanfaatkan sebagai tempat penginapan.

Mifan mempunyai daya tampung sebesar 25000 pengunjung, untuk tiket masuk pengunjung dapat membayar sebesar Rp 40.000,-/orang pada hari senin-jumat dan Rp 50.000,-/orang pada hari sabtu-minggu atau hari libur nasional.

3. Pusat Dokumentasi & Informasi Kebudayaan Minangkabau

PDKIM Padang Panjang Sumber Foto : www.google.com
PDKIM Padang Panjang Sumber Foto : www.google.com

Gedung/Museum ini berada dalam kawasan Kelurahan Silaing bawah Kota Padang Panjang dengan jarak sekitar 3 Kilometer dari Pusat Kota Padang Panjang. Di Museum ini terdapat koleksi-koleksi mengenai Budaya Minangkabau yang berupa audio dan visual.

Wisatawan dapat memasuki museum ini dan dengan mudah dapat menemukan informasi-informasi tentang sejarah dan budaya minangkabau. Disini juga dilengkapi dengan perpustakaan sehingga pengunjung bisa melihat koleksi-koleksi budaya Minangkabau dengan sangat mudah.

4. Sate Mak Syukur

Sate Mak Syukur Sumber Foto : www.google.com
Sate Mak Syukur Sumber Foto : www.google.com

Nah Kalo soal Kuliner, Kota Padang Panjang mempunyai kuliner yang sangat terkenal seantero dunia yaitu Sate Mak Syukur. Sate ini hampir sama dengan sate-sate padang lainnya, bedanya hanya pada racikan bumbu-bumbu rahasianya. Sate ini terbuat dari daging dan jeroan sapi (lidah, usus, jantung dan paru) yang direbus dengan bumbu, dan kemudian baru dibakar, tak lupa disiram dengan kuah yang sangat kental serta gurih-pedas. Rekomended Untuk di Coba.

5. Goa Batu Batirai

Goa Batu Batirai Sumber Foto : www.google.com
Goa Batu Batirai Sumber Foto : www.google.com

Goa Batu Batirai terletak di Kelurahan Kampung Manggis Padang Panjang Barat. Goa ini sangat cocok bagi pecinta alam. Pemandangan Alam Goa ini sangatlah indah dengan kehadiran Stalaktit dan Stalagmit yang menghiasinya. Konon Goa ini terlihat seperti Tirai maka dari itu Goa ini dinamakan Goa Batu Batirai.

Baca Juga:   13 Tempat Wisata Pariaman dan Sekitarnya yang wajib dikunjungi di Akhir Pekannya

6. Masjid Asasi Sigando

Masjid Asasi Sigando Sumber Foto : www.google.com
Masjid Asasi Sigando Sumber Foto : www.google.com

Masjid Asasi Sigando adalah salah satu masjid tertua yang ada di Sumatera Barat yang terletak di Kelurahan Sigando Padang Panjang Timur. Sebagai salah satu benda cagar budaya, masjid ini kondisinya sangat terpelihara dengan baik. Masjid ini dibangun oleh seorang ulama yang pertama kali menyebarkan agama islam di Kota Padang Panjang.

7. Air Terjun 7 Tingkat

Air Terjun 7 Tingkat Sumber Foto : www.google.com
Air Terjun 7 Tingkat Sumber Foto : www.google.com

Air Terjun 7 Tingkat ini berada di punggung Bukit Barisan, sehingga pengunjung harus melewati jalan setapak yang cukup terjal dan dipenuhi semak belukar. Air terjun ini terdiri dari 7 tingkatan, tingkatan tertinggi mencapai 20 meter. Menikmati Keindahan air terjun ini merupakan pengalaman yang tak dapat dilupakan karena air terjun ini sangatlah jernih dan tentunya mempunyai udara yang sangat sejuk.

8. Lubuk Mata Kucing

Lubuk Mata Kucing Sumber Foto : www.google.com
Lubuk Mata Kucing Sumber Foto : www.google.com

Tempat pemandian yang sangat populer di Kota Padang Panjang selain wisata Mifan adalah Lubuk Mata kucing. Lubuk ini mempunyai air yang sangat jernih, tak salah masyarakat sekitar memberikan nama Lubuk ini dengan Lubuk Mata Kucing. Selain air yang jernih, Lubuk ini berlokasi di tepi hutan, sehingga suasana alamnya dapat menjadi nilai plus bagi tempat ini.

9. Stasiun Kereta Api Padang Panjang

Baca Juga:   10 Tujuan Wisata Keren di Solok Sumatera Barat
Air terjun Lembah anai dengan Kereta apinya Sumber Foto : www.google.com
Air terjun Lembah anai dengan Kereta apinya Sumber Foto : www.google.com

Stasiun ini dibangun pada tahun 1889 masa kolonial Belanda.Dahulunya Stasiun ini adalah stasiun terbesar di Sumatera Barat karena pada masa itu Kota Padang Panjang merupakan pusat perdagangan hasil bumi terutama Kopi. Di Stasiun ini wisatawan dapat melihat Lokomotif yang sangat Tua, Lokomotif ini diberi nama dengan Mak Itam. Dalam waktu dekat, Stasiun ini akan diaktifkan lagi oleh pemerintah dengan Rute Kota Padang Panjang – Kota Sawah Lunto, dan sebaliknya.

Nah, Itulah 9 tujuan wisata Kota Padang Panjang yang dapat wisatawan nikmati jika berpergian ketempat ini. Baca Artikel lainnya mengenai Wisata-wisata yang ada di Sumatera Barat (Sumbar).

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY