Inilah 8 Tempat Wisata Kota Gorontalo yang Paling diburu Wisatawan

0
315
Desa Suku Bajo Provinsi Gorontalo
Desa Suku Bajo Gorontalo

Hai Sobat, Kali ini Anak Desa Akan mengulas tentang tempat-tempat wisata yang ada di Kota Gorontalo Provinsi Gorontalo. Kota Gorontalo memiliki banyak catatan sejarah, sehingga banyak tempat warisan sejarah yang dapat dijadikan tujuan wisata selain wisata alamnya yang sangat beragam. Berikut ini Anak Desa akan memaparkan 8 tempat wisata Kota Gorontalo yang paling diburu para wisatawan:

1. Desa Suku Bajo

Desa Suku Bajo di Kota Gorontalo di huni oleh Suku Asli kota ini yakni Suku Bajo. Suku Bajo biasanya tinggal secara berkelompok serta memiliki adat budaya dan tradisi yang sangat unik, yaitu tinggal dan hidup diatas perahu yang disebut dengan Bangau. Umumnya Suku Bajo memiliki pencaharian utamanya adalah nelayan, mereka pergi dari satu pulau ke pulau lainnya, dan akan kembali ke pulau pantai toro sebagai tempat mereka bertani rumput laut dan budidaya mutiara.

2. Benteng Otahana

Benteng Otahana terletak di Dembe 1 Kota Barat – Gorontalo, sekitar 8 kilometer dari pusat kota Gorontalo. Dahulunya Benteng Otahana ini digunakan oleh Kerajaan Gorontalo sebagai tempat perlindungan dan pertahanan. Bangunan benteng ini dibangun menggunakan campuran pasir dan putih telur burung maleo. Benteng ini berada diatas ketinggian sehingga memungkinkan untuk pengunjung untuk menikmati keindahan alam danau Limboto yang berada didekatnya.

3. Tangga 2000 dan Jejak Kaki Lahilote

Cerita rakyat yang berkembang di Tanah Gorontalo ini menyebutkan bahwa, Lahilote adalah jejak kaki dari seorang pria yang menikah dengan seorang malaikat yang jatuh ke bumi. Jejak kami Lahilote ini terdapat di Sebuah Batu yang berukuran besar. Untuk dapat melihat objek wisata yang satu ini, pengunjung harus melewati anak tangga sebayak 2000 buah, dan ini sering disebut dengan tangga 2000. Selain dapat melihat Jejak Kaki Lahilote, pengunjung juga dapat menikmati keindahan danau tomini dari ketinggian.

4. Menara Mulia

Di Kota Gorontalo, terdapat sebuah menara yang cukup populer yakni Menara Mulia. Menara Mulia memiliki ketinggian sekitar 60 meter, diatas menara ini kita dapat menikmati keindahan danau limboto yang sangat pupoler dengan menggunakan teleskop yang tersedia di menara ini.

5. Pemakaman Suci Ju Panggola

Pemakaman Suci Ju Panggola ini terletak di Kecamatan Dembe 1, berjarak sekitar 2 kilometer dari pusat kota barat – Gorontalo. Makam ini telah ada semenjak abad ke-14. Masyarakat sekitar meyakini bahwa tempat ini merupakan tempat suci yang memiliki karakteristik yang sangat unik terkait dengan budaya islam.

6. Monumen Nani Wartabone

Monumen Nani Wartabone ini dibangun untuk menghormati salah satu pahlawan yang berasal dari Kota Gorontalo dalam perjuangan rakyat Gorontalo, Pahlawan ini bernama Nani Wartabone. Monumen ini berlokasi di taman taruna remaja gorontalo dan disini wisatawan juga bisa mengunjungi salah satu mesjid tertua di Gorontalo yang sudah berusia sekitar 300 tahun.

7. Rumah Adat Gorontalo

Suku Adat Gorontalo yang hidup di Kota Gorontalo mempunyai Rumah adat yang bernama Bantanyo Poboide. Bantanyo Poboide mempunyai arti sebagai Bangunan Tempat Pertemuan sehingga Rumah Adat ini juga berfungsi sebagai tempat kegiatan seni budaya gorontalo. Disetiap dindingnya terdapat ornamen-ornamen yang menyimbolkan setiap aktivitas penghuninya.

8. Pusat Kerawang

Setelah puas menikmati keindahan wisata yang terdapat di Kota Gorontalo, anda dapat mengunjungi pusat kerawang. Pusat Kerawang merupakan pusat kerajinan industri yang ada di kerawang – Gorontalo yang disebut juga dengan Karawo. Di Pusat Industri ini pengunjung dapat mengoleksi oleh-oleh khas kota ini sebagai cindera mata.

Itulah 8 Tempat wisata Kota Gorontalo yang wajib dikunjungi jika kita bertandang kekota ini. Semoga dengan penjabaran diatas dapat menambah wawasan pariwisata kita semua.

LEAVE A REPLY