Inilah 7 Daftar Wisata Lengkap Kepulauan Mentawai yang di Buru Wisatawan Internasional

4
840
sikerei kepulauan mentawai

Sumatera Barat tidak hanya dimiliki oleh suku Minangkabau, Jauh di Sebelah Barat ada Satu Kabupaten di Sumatera Barat yang menyimpan keindahan alam yang sangat menggiurkan, yakni Kabupaten Kepulauan Mentawai. Kabupaten Kepulauan Mentawai termasuk kedalam urutan 100 surga Indonesia. Kabupaten ini terdiri dari 4 Pulau-pulau besar yaitu Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara dan Pulau Pagai Selatan yang dihuni oleh masyarakat suku mentawai.

Kepulauan Mentawai memilik ombak pipa yang sangat panjang dan berlorong yang stabil seperti ombak yang terdapat di Kepulauan Hawaii dan Tahiti Amerika Serikat, sehingga Mentawai sebagai salah satu wisata surfing terbaik dunia. Ini dibuktikan dengan Kehadiran para turis yang ingin surfing di Mentawai sebanyak 7000 turis setiap tahunnya. Salah satu titik yang digemari pengunjung adalah Katiet Spot Lance’s Right yang terletak di Pantai Pulau Sipora.

Selain memiliki 4 Pulau-Pulau Besar, Kepulauan Mentawai masih memiliki pulau-pulau kecil lainnya, dan setiap pulau memiliki karakteristik yang sangat berbeda untuk dikunjungi. Kali ini Anak Desa akan merankum tempat-tempat wisata yang ada di Kepulauan Mentawai secara satu per satu.

1. Katiet Spot Lance’s Right

Surfing di Mentawai Sumber foto : www.google.com
Surfing di Mentawai Sumber foto : www.google.com

Katiet spot Lance’s Right merupakan spot surfing yang paling mendunia di Kepulauan Mentawai dan sebagai spot surfing Favorit bagi wisatawan mancanegara. Titik Spot ini terletak di Pantai Pulau Sipora yang sekaligus menjadi tempat kompetisi surfing dunia.

Pasir Pantai ini dilokasi ini sangatlah putih dan mempunyai ombak kelas dunia, setidaknya mempunyai 400 lokasi surfing lagi yang tersebar di Kepulauan Mentawai ini. Pernah tercatat bahwa spot surfing ini pernah di kunjungi 7000 turis mancanegara setiap tahunnya.

Baca Juga:   10 Tempat Wisata Keren Kabupaten Solok Selatan Jadi Incaran Banyak Orang

2. Wisata Laut Teluk Saibi Sarabua

Teluk Saibi Mentawai Sumber foto : www.google.com
Teluk Saibi Mentawai Sumber foto : www.google.com

Wisata Laut Teluk Saibi Sarabua ini merupakan salah satu surga dunia bawah laut yang dipunyai oleh Kepulauan Mentawai. Selain berselancar, wisatawan dapat melakukan aktifitas lainnya seperti Snorkeling, Diving dan Memancing, disini juga disediakan peralatannya sekaligus dan juga ada pemandu lokal yang mendampingi wisatawan. Pada Teluk Saibi Sarabua ini juga terdapat lamun dan terumbu karang yang sangat luas lengkap dengan ekosistem lautnya yang sangat beragam.

3. Uma

Rumah Adat Suku Mentawai Sumber Foto : www.google.com
Rumah Adat Suku Mentawai Sumber Foto : www.google.com

Uma adalah Rumat Ada Suku Mentawai yang dibuat tanpa menggunakan bahan besi satupun. Semua bahan bangunan Rumah adat Uma ini berasal dari bahan alam yang tersedia di Kepulauan Mentawai ini. Uniknya Rumah adat biasanya di isi dengan benda-benda peninggalan, Di Uma suku Mentawai ini semuanya dihiasi dengan tengkorak-tengkorak kepala hewan hasil buruan, katanya akan menambah Pamor dari Uma itu sendiri.

Di Uma, wisatawan dapat melihat aktifitas keseharian suku Mentawai, mulai dari Makanan hingga tempat tidur suku mentawai yang sangat alami serta dapat merasakan suasana adat yang begitu kental.

4. Cagar Alam Biosfer Siberut

Hutan Mentawai Sumber foto : www.google.com
Hutan Mentawai Sumber foto : www.google.com

Cagar Alam ini terletak di Pulau Siberut. Disini terdapat Flora dan Fauna yang endemik, sehingga menjadikan Pulau Siberut sebagai Cagar Alam Bisofer yang Ke-6 di Indonesia dan telah mendapatkan dukungan dari dunia Internasional dan Unesco. Di Pulau Siberut terdapat hutan hujan tropis yang masih alami, Hutan Primer Dipterocarpaceae, Hutan primer campuran, Hutan Pantai, Hutan Rawa, dan Hutan Bakau yang dikenal dengan biosfer atau paru-paru dunia.

Baca Juga:   9 Objek Wisata Menarik di Kota Painan Pesisir Selatan Sumatera Barat

5. Hutan Pengobatan Tradisional

Hutan Mentawai Sumber foto : www.google.com
Hutan Mentawai Sumber foto : www.google.com

Hutan yang lebat dan masih terjaga keasriannya di Pulau Siberut menyimpan ratusan jenis obat sehingga kawasan hutan ini menjadi primadona farmasi-farmasi Indonesia dan negara-negara asing seperti Jepang dan Jerman. Pulau Siberut pernah tercatat oleh WWF bahwa terdapat 223 jenis tumbuhan yang bisa mengobati 129 jenis penyakit. Demi menjaga keutuhan Hutan Pengobatan Tradisional ini, Hutan ini hanya boleh dimanfaatkan oleh Sikerei sebatas pengobatan orang-orang mentawai saja.

6. Sikerei

Sikerei Suku Mentawai Sumber foto : www.google.com
Sikerei Suku Mentawai Sumber foto : www.google.com

Sikerei bukanlah sebuah tempat wisata, melainkan sebuah profesi di Suku Mentawai, namun Sikerei ini sangat bagus buat dibahas oleh Anak Desa.

Sikerei adalah sebuah profesi dari suatu masyarakat suku mentawai sebagai mediator atau perantara antar manusia dengan makhluk halus yang dipercaya dapat menjaga keharmonisan diantara keduanya. Namun, media-media telah mempublikasikan bahwa Sikerei ini adalah salah satu profesi yang dapat mengobati orang sakit maupun orang yang bisa meramal nasib seseorang.

Sikerei mempunyai tarian yang sangat khas, pada umumnya Sikerei menjadi penyemarak pesta-pesta rakyat Mentawai. Uniknya, Biasanya sebuah Profesi adalah suatu keinginan seseorang, namun di Suku Mentawai ini, Sikerei terpilih melalui sebuah mimpi dan tidak bisa dielakan oleh orang-orang mentawai.

Baca Juga:   Inilah 9 Daftar Objek Wisata Kota Padang Panjang Sumatera Barat

7. Tato Sikerei Mentawai

Tato Sikerei Suku Mentawai Sumber foto : www.google.com
Tato Sikerei Suku Mentawai Sumber foto : www.google.com

Jika wisatawan mengunjungi Uma (Rumah Adat Suku Mentawai), wisatawan dapat melihat Sikerei yang sedang membuat Tato. Tato ini dinamakan dengan Tato Sikerei dengan berbagai keunikan dan keeksistensinya. Tato Sikerei selain menjadi tato tertua didunia juga mempunyai banyak makna yang dikaitkan kedalamnya seperti Struktur Kemasyarakatan, Kepercayaan, ekonomi dan kesehatan. Uniknya, Tato Sikerei ini tidak bisa dibuat secara Instan melainkan membutuhkan waktu yang sangat lama, dan membutuhkan ritual khusus untuk mengiringi pelaksanaannya.

Itulah 7 Hal yang saat ini menjadikan Kepulauan Mentawai sangat banyak dikunjungi wisatawan, dan masih banyak lagi surga-surga mentawai yang belum terekspos ke dunia luar.

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY