Inilah 5 Destinasi Wisata Andalan Kota Mataram yang Viral di Sosial Media

0
311
Pura Meru kota Mataram
Pura Meru Kota Mataram

Pada kesempatan kali ini Anak Desa akan membahas tempat-tempat wisata yang menarik di Pulau Lombok khususnya Kota Mataram yang merupakan Ibukota Provinsi Nusa Tenggara Barat. Banyak orang-orang yang masih liburan ke Bali untuk menikmati keindahannya, padahal disebelah kiri Pulau Bali memiliki keindahan tempat wisata yang tak kalah dengan Bali. Adalah Kota Mataram yang sedang kita bicarakan kali ini.

Kurang pas rasanya jika kita berpergian ke Pulau Lombok tidak menyambangi Kota Mataram yang penuh dengan wisata-wisata yang sangat menarik. Oleh Karena itu Anak Desa merekomendasikan 5 tempat wisata Kota Mataram yang dapat anda kunjungi ketika berada di Kota ini.

1. Pantai Tanjung Karang dan Makam Keramat Loang Baloq

Terletak di Kelurahan Tanjung Karang terdapat Pantai Tanjung Karang yang persis di tepi jalan rayanya. Di Pantai Tanjung Karang ini terdapat Pondokan-pondokan dan kolam renang raksasa yang menambah keindahan pantai tanjung karang ini. Pantai Tanjung Karang sangat cocok untuk bersantai sambil menikmati keindahan sunset pada sore harinya. Selanjutnya, dari Pantai Tanjung Karang, wisatawan bisa menikmati wisata sejarah Makam Keramat Loang Baloq yang hanya terletak persis diseberang jalannya.

Komplek pemakaman yang terletak di kawasan Ampenan Kelurahan Tanjung Karang menyimpan puluhan jasad, diantaranya terdapat 3 buah makam yang di anggap keramat oleh masyarakat sekitar, diantaranya Makam Ulama Besar Jazirah Arab, Maulana Syech Gaus Abdurrazak, penyebar agama islam di Pulau Lombok, disampingnya ada Makam Anak Yatim dan Makam Datuk Laut.

Lokasi Pemakaman Loang Baloq sengaja didirikan untuk mengenang Ulama Besar yang sangat berjasa di Pulau Lombok ini. Peziarah biasanya menaburkan bunga di tengah Makam Syech Gaus Abdurazzak, dan melakukan ritual potong rambut anak balita yang sering disebut dengan Ngurisang oleh suku sasak.

2. Pura Meru

Pura Meru merupakan Pura Hindu terbesar yang ada di Pulau Lombok. Pura ini menyajikan pemandangan bangunan perpaduan yang berciri khas Jawa Kuno dan Lombok. Konon dahulunya Pura ini dijadikan sebagai tempat bernegosiasi dan tempat menghakimi orang-orang yang melakukan kejahatan.

Selain Pura, Objek bangunan yang ada dikawasan ini adalah Sekepat atau sering disebut gazebo empat tiang dan Sake Ulu atau gazebo delapan tiang. Yang harus kita lakukan ketika mengunjungi Komplek Pura Meru, pengunjung harus mengenakan pakai kain panjang bewarna kuning bermotif yang telah disediakan oleh pihak pengelola wisata.

3. Pura Taman Air Mayura

Pura Taman Air Mayura berlokasi di Kecamatan Cakranegara Kota Mataram, Pura ini menyimpan sejarah tersendiri mengenai Kerajaan di Pulau Lombok. Taman Air Mayura ini dibangun oleh Anak Agung Ngurah Karangasem pada tahun 1744 yang dahulunya diberi nama Mayura (Burung Merak).

Pura Taman ini terbagi menjadi dua area yaitu area taman air dan area pura. Di area taman airnya, pengunjung disuguhi dengan pemadangan taman yang tertata rapi yang sekelilingnya dipagari oleh tanaman manggis dan rumput yang sangat hijau.

Diujung Taman Air ini, pengunjung dapat menemui empat pura utama yaitu Pura Gunung Rinjani, Pura Ngelurah, Pura Padmasana, dan Pura Gedong. Kabar Baiknya, Pura ini terbuka untuk umum dan tidak hanya untuk umat Hindu melainkan untuk semua golongan, namun di hari perayaan hari besar umat hindu tempat ini menjadi tertutup untuk umum.

4. Kota Tua Ampenan

Terletak di tepi Selat Lombok, terdapat Kota Tua Ampenan. Kota Tua ini merupakan daerah dermaga peninggalan kolonial Belanda, sehingga bangunannya pun didominasi dengan bangunan tua berarsitek Belanda. Bangunan di Kota Tua ini dirawat oleh pemerintah kota Mataram dan resmi menjadi 43 kota dalam jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) pada juni 2013.

Selain Kota Tua Ampenan, di Sekitar kawasan ini juga terdapat Pantai Ampenan. Pantai Ampenan sangat menyenangkan untuk berenang, dan menikmati sunrise dan sunset, serta memiliki gelombang laut yang cukup menantang.

5. Museum Negeri Nusa Tenggara Barat

Museum Negeri Nusa Tenggara Barat terletak di jalan Panji Tilar Negara Tanjung Karang, Kecamatan Ampenan, Resmi berdiri pada 23 januari 1982. Museum ini memiliki 7000 Koleksi meliputi koleksi sejarah, budaya, arkeologi, keramik, geologi dan biologi. Ketika pengunjung bera di Museum ini, pengunjung akan disuguhi dengan awetan buaya muara yang memiliki panjang 4 meter dan lebar 1 meter. Selain itu juga terdapat koleksi penangkal roh halus, serta penangkal petir.

Demikianlah Anak Desa membahas tentang 5 tempat wisata di Kota Mataram Pulau Lombok Ketika anda melakukan perjalan ketempat ini. Ingat, Kota Mataram Mampu menyuguhkan paket wisata yang berbasis Alam, Sejarah dan Religi, tentunya akan memuaskan liburan anda.

LEAVE A REPLY