Inilah 12 Tempat Wisata Menarik Kabupaten Cianjur Jawa Barat Yang Ramai Dibicarakan Wisatawan

0
351
Taman Bunga Nusantara Cianjur
Taman Bunga Nusantara Cianjur

Provinsi Jawa Barat sarat akan pariwitasanya yang sangat menawan bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara, salah satunya adalah Kabupaten Cianjur. Kabupaten Cianjur banyak didominasi dengan wisata alamnya yang begitu indah. Mempunyai Topografi berupa pengunungan, tak salah kalau tempat wisata yang ada di Cianjur banyak bernuansa alam yang eksotis memanjakan mata kita semua.

Kabupaten Cianjur dari dahulunya sudah terkenal dengan Kabupaten Penghasil Beras Pandanwangi yang sangat harus dan pulen. Selain itu ada kesenian khas tanah sunda juga sangat populer didaerah ini yakni cianjuran, perpaduan gamelan dan suara merdu penyanyinya yang membuat para perantau rindu akan rumah.

Kali ini Anak Desa mencoba untuk menelusuri 12 tempat wisata Cianjur yang bisa anda jadikan sebagai referensi perjalanan wisata di waktu liburan.

1. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara ini terletak di Desa Kawung Luwuk Kecamatan Sukaresmi – Cianjur yang berada di jalan menuju kawasan puncak Bogor. Taman bunga ini mempunyai luas sekitar 23 Hektar, yang setiap sudutnya dihiasi dengan 300 macam varietas bunga-bunga yang ada di seluruh dunia. Tak salah pemandangan yang ditawarkan membuat decak kagum wisatawan yang mengunjunginya. Fasilitas yang ditawarkan dilokasi wisata ini sangat layak buat pengunjung, antara lain: areal parkir yang sangat luas, restoran, toilet dan fasilitas lainnya.

2. Situs Gunung Padang

Objek wisata ini Berlokasi di Desa Karyamukti Kecamatan Campaka – Cianjur. Situs Gunung Padang yang berbentuk punden berundak ini cukup populer di kalangan wisatawan nusantara dan juga merupakan situs megalitikum yang terbesar di Asia Tenggara.

3. Gunung Gede Pangrango

Pada dasarnya di kawasan ini terdapat dua buah gunung, yakn Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Kedua Gunung ini termasuk kedalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP) yang terletak di tiga wilayah administrasi: Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat.

Uniknya, jika dilihat dari ketinggian, Gunung Gede terlihat seperti bentuk Kubah dan Gunung Pangrango berbentuk segitiga yang runcing. Gunung ini mempunyai ketinggian sekitar 3 000 meter diatas permukaan laut. Destinasi lain dikawasan ini adalah terdapatnya Telaga Biru, Air Terjun Cibeureum, Kawasan air panas, Puncak kawah gunung gede, kandang batu dan kandang badak. Kesemuanya ini berada dalam satu kawasan taman nasional gede pangrango.

4. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas terletak di Desa Cimacan Kecamatan Cipanas – Cianjur yang didirikan pada tahun 1852 oleh Johannes Elias. Pemandangan yang hijau dan udara yang sejuk dapat wisatawan nikmati secara gratis, selain itu juga disediakan fasilitas yang cukup baik untuk para wisatawan seperti: areal parkir yang luas, Toilet yang bersih, pendopo, shelter, area informasi, camping ground serta area bermain buat anak-anak.

5. Bumi Perkemahan Mandala Kitri

Tak Jauh dari Kebun Raya Cibodas ada sebuah perkemahan di alam bebas, biasanya masyarakat sekitar memberi nama sebagai Bumi Perkemahan Mandala Kitri. Selain menyediakan tempat perkemahan, disini pengunjung juga bisa menikmati olahraga air di sungai Cikundul, Sungai Citarum dan Waduk Cirata.

6. Pantai Jayanti

Pantai Jayanti berlokasi di Cidaun Selatan, dan berbatasan dengan Garut Selatan, tepatnya di Desa Cidamar Kecamatan Cidaun – Cianjur. Berjarak sekitar 143 Kilometer dari pusat kota Cianju dan dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor dengan waktu tempuh selama 4 jam perjalanan.

lokasi yang berjauhan dari pusat keramaian membuat pantai ini bersih dari sampah-sampah pengunjung, dan air lautnya yang bersih serta memberikan nuansa yang lebih tenang dan nyaman buat para pengunjung.

7. Pantai Sereg

Selain dari Pantai Jayanti yang masih alami, Cianjur juga memiliki Pantai yang masih bersih dan bebas dari sampah-sampah, Pantai ini dinamakan Pantai Sereg. Pantai Sereg masih belum tersentuh oleh pembangunan, sehingga fasilitas yang ada di pantai ini masih belum memadai. Pantai ini terletak di Kecamatan Sindangbarang – Cianjur yang berjarak sekitar 110 kilometer dari pusat kota Cianjur.

8. Curug Ciismun

Berlokasi di dekat Kebun Raya Cibodas, Curug Ciismun menawarkan pesona alam yang sangat cantik. Ketinggian air terjun ini mencapai kurang lebih 50 meter, aliran airnya cukup deras dan sangat segar, sehingga cocok buat anda yang suka mandi-mandi di air terjun.

9. Curug Citambur

Air Terjun Citambur terletak di Kecamatan Pasirkuda – Cianjur, berjarak sekitar 65 kilometer dari pusat kota cianjur. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan memiliki pemandangan alam yang sangat menakjubkan.

10. Curug Cikondang

Curug Cikondang berada di Desa Sukadana Kecanatan Cempaka – Cianjur. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Air Terjun ini menawarkan pemandangan alam yang sangat indah, namun akses menuju kesana masih sangat sulit dan butuh perjuangan untuk pergi ke curug ini.

11. Tirta Jangari

Tirta Jangari merupakan Bagian dari waduk Cirata. Wisata ini terketak di Desa Bobojong Kecamatan Mande – Cianjur. Lokasi ini berjarak sekitar 17 kilometer dari pusat kota Cianjur. Diwaduk ini pengunjung bisa melakukan aktivitas memancing sambil berkeliling menggunakan perahu milik warga setempat. Tentunya, Ikan yang didapat bisa dimasak menjadi ikan bakar yang sangat lezat.

12. Danau Leuwi Soro

Tempat wisata ini merupakan wahana rekreasi yang sangat menyenangkan karena disekitaran danau di tumbuhi oleh pepohonan yang sangat rindang. Danau Leuwi Soro ini berlokasi di Kecamatan Pagelara – Cianjur, sekitar 66 kilometer dari pusat kota cianjur.

Itulah 12 tempat wisata di Kabupaten Cianjur yang harus dikunjungi jika berpergian ke daerah ini. Semoga Informasi yang disajikan Anak Desa dapat menambah wawasan para pembaca setia blog ini.

LEAVE A REPLY