Inilah 12 Daftar Wisata Menarik di Dharmasraya Sumatera Barat

0
805
Air terjun Timbulun

Diujung timur Provinsi Sumatera Barat, ada sebuah kabupaten baru yang telah berdiri sejak tahun 2004, Kabupaten Dharmasraya. Meskipun baru, kabupaten ini telah mempunyai catatan sejarah yang lebih tua dari pada umurnya. Di Kabupaten Dharmasraya pernah dahulunya berdiri Kerajaan Melayu dengan ibukota Pulau Punjung. Kabupatena Dharmasraya dikenal juga dengan sebutan Ranah Cati Nan Tigo.

Berikut ini Anak Desa akan merangkum beberapa objek wisata yang ada di Kabupaten Dharmasraya untuk menambah pengetahuan kita semua.

1. Bendungan Batu Bakawik

Bendungan Batu Bakawik Sumber Foto : www.google.com
Bendungan Batu Bakawik Sumber Foto : www.google.com

Objek wisata yang satu ini merupakan perpaduan antara Bendungan dengan Desain berteknologi Moderen, sehingga sangat bagus untuk dijadikan tempat wisata. Bendungan Batu Bakawik ini merupakan bendungan terbesar yang ada di Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat. Dibendungan ini pengunjung dapat menikmati keindahan alam dengan hamparan bukit yang sangat luas.  Pengunjung juga dapat merasakan berwisata menggunakan perahu bermotor untuk berkeliling disepanjang bendungan ini. Khusus bagi yang punya hobi memancing, disini pengunjung diperbolehkan untuk memancing ikan patin yang hidup di bendungan ini.

2. Puncak Gunung Medan

Puncak Gunung Medan Sumber Foto : www.google.com
Puncak Gunung Medan Sumber Foto : www.google.com

Puncak ini memiliki ketinggian sekitar 1000 meter dan hanya berjarak sekitar 15 kilometer dari Kota Pulau Punjung. Dari ketinggian pengunjung dapat menikmati keindahan panorama pengunungan yang sangat hijau. Di Puncak Gunung Medan juga disediakan fasilitas untuk pengunjung untuk olah raga para layang dan mendaratnya di areal persawahan masyarakat setempat.

Baca Juga:   Inilah 9 Tujuan Wisata Pasaman Yang Wajib diKunjungi

3. Air Terjun Timbulun

Air Terjun Timbulun Sumber Foto : www.google.com
Air Terjun Timbulun Sumber Foto : www.google.com

Air Terjun Timbulun ini terletak di Pulau Punjung. Pada air terjun ini terdapat kolam air yang dapat digunakan untuk aktifitas basah-basahan, dan juga tersedia kolam pancing untuk wisatawan yang memiliki hobi memancing ikan. Suasana air yang jernih ditambah dengan udaranya yang masih segar pas untuk melepas kepenatan dari kegiatan rutin sehari-hari.

4. Air Terjun Sungai Batang

Air Terjun Sungai Batang Sumber Foto : www.google.com
Air Terjun Sungai Batang Sumber Foto : www.google.com

Satu lagi air terjun yang ada di Kabupaten Dharmasraya ini yakni Air Terjun Sungai Batang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan dibawahnya terdapat 3 buah telaga dengan kedalaman 4 – 5 meter yang sangat cocok untuk aktifitas renang. Air terjun ini terletak di Batu Kangkung Kecamatan Asam jujuhan sekitar 45 kilometer dari pusat kota Sungai Rambai.

5. Danau Cinta

Kawasan Danau Cinta Sumber Foto : www.google.com
Kawasan Danau Cinta Sumber Foto : www.google.com

Danau Cinta ini merupakan Danau buatan yang terletak di pulau Mainan sekitra 40 kilometer dari pusat kota Dharmasraya. Danau ini memiliki air yang sangat jernih dan pengunjng juga bisa menikmati keindahan pemandangan pepohonan yang mengelilinginya.

6. Gua Cigak

Gua Cigak Sumber Foto : www.google.com
Gua Cigak Sumber Foto : www.google.com

Salah satu objek wisata yang paling terkenal di Dharmasraya adalah wisata Gua Cigak. Bagi pecinta alam bebas, tempat ini sangat cocok, karna didalam gua kita bisa melihat kejernihan air, mempunyai jalur hiking yang cukup menantang. Bagi yang tidak ingin bercapek-capek, disini juga disediakan perahu untuk sampai ke mulut gua.

Baca Juga:   8 Tujuan Wisata Kota Sawahlunto Sumatera Barat

7. Masjid Tua Siguntur

Masjid Tua Siguntur, sangat cocok untuk menambah wawasan sejarah dan budaya anda guys. Bangunan Masjid tua ini berada dalam kawasan kompleks makam Raja-Raja Siguntur dan Rumah adat Siguntur.

8. Makam Raja-Raja Siguntur

Makam Raja-Raja ini terletak dalam satu kawasan Masjid Tua Siguntur. Disamping Makam-makam ini terdapat Sungai Batang Hari, Sungai terpanjang di Pulau Sumatera yang begitu terkenal.

9. Rumah Raja Kerajaan Pulau Punjung

Rumah Raja ini terletak di Desa IV Koto Pulau punjung. Dirumah raja ini kita bisa menemukan benda-benda peninggalan Kerajaan Pula Punjung. Rumah Raja ini masih dijaga oleh Keturunan Rajanya yang ke-7 yang bernama Tuanku Sati.

10. Rumah Raja Kerajaan Sungai Dareh

Rumah Raja ini terletak di Ranah Sungai Dareh, sering juga di sebut Rumah Gadang Tiang Panjang, sampai saat ni masih berdiri kokoh. Rumah Raja ini berbeda dengan Rumah raja lainnya karena  memiliki berandan yang sama panjangnya dengan bagian depannya Rumah dan memiliki tiang yang sangat panjang.

11. Rumah Raja Kerajaan Koto Besar

Rumah Raja ini terletak di Kecamatan Koto Besar. Situs Sejarah ini belum dibuka untuk umum, namun bukti-bukti bersejarah masih tersimpan dengan rapi oleh keluarga keturunan Raja.

Baca Juga:   9 Daftar Lengkap Wisata Kabupaten Sijunjung Sumatera Barat

12. Rumah Raja Kerajaan Padang Lawas

Rumah Raja ini terletak di Daerah Koto Baru Dharmasraya, sekitar 30 kilometer  dari pusat kota. Kerajaan ini sangatlah besar pada zamannya, hal ini dibuktikan dengan peninggalan sejarah berupa alat-alat perang, candi/arca dll.

Demikianlah Anak Desa Merangkum tempat-tempat wisata di Kabupaten Dharmasraya, Jangan Lupa Kunjungi Tempat-Tempat wisata lainnya di Sumatera Barat.

LEAVE A REPLY