Inilah 10 Tempat Wisata Kota Batusangkar Tanah Datar Sumatera Barat Yang Wajib Dikunjungi

0
1176

Kota Batusangkar Kota Berbudaya

Sumatera Barat Identik dengan Budaya Minangkabau dan Kota Batusangkar sebagai tempat lahirnya Budaya ini. Hal ini diperkuat dengan adanya bukti-bukti sejarah seperti menhir-menhir dan tambo masyarakat Minangkabau. Kota Batusangkar terkenal dengan kekayaan atas budayanya, serta kearifan lokal masyarakatnya yang selalu mencerminkan “Adat basandi Syarak, Syarak basandi Kitabullah (Adat bersandikan agama, dan Agama Bersandikan Kitab Allah)”.

Kota Batusangkar merupakan Ibukota dari Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Untuk menuju ke Kota ini dari Kota Padang dibutuhkan Waktu Sekitar 3 Jam perjalanan darat dengan jarak tempuh sekitar 101 km. Disepanjang perjalanan wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan Alam Minangkabau yang begitu indah.

Pada Kesempatan kali ini, Anak Desa akan membahas tempat-tempat wisata yang wajib dikunjungi jika berkunjung ke kota budaya ini. Berikut tempat wisatanya:

1. Istana Pagaruyung (Ustano Pagaruyung Batusangkar)

Istana Pagaruyung Sumber Foto : www.google.com
Istana Pagaruyung Sumber Foto : www.google.com

Istana Paguruyung merupakan Istana Rajanya Suku Minangkabau, Bangunan Istana yang berlokasi di Nagari Pagaruyung ini pada dasarnya sama dengan bangunan-bangunan Rumah adat Suku Minangkabau di Seluruh Dunia, Namun Di Istana ini kita bisa menemukan prasasti-prasasti berharga budaya Minangkabau.

Istana Pagaruyung ini memiliki 21 gonjong, 72 tonggak dan 3 lantai utama. Dinding-dinding istana terlihat sangat indah dengan kehadiran ukiran-ukiran khas minangkabau. Selain itu, Istana Pagaruyung dilengkapi dengan Surau, Tabuah larangan, Rangkiang patah sambilan, Tanjung Mamutuih dan Pincuran Tujuh.

2. Desa Terindah di Dunia (Nagari Tuo Pariangan)

Nagari Pariangan Sumber Foto : www.google.com
Nagari Pariangan Sumber Foto : www.google.com

Nagari Tuo Pariangan dinobatkan sebagai Desa Terindah di dunia oleh sebuah media internasional pada tahun 2012 lalu. Desa ini berjarak sekitar 13 kilometer dari pusat Kota Batusangkar dan terletak di kaki Gunung Marapi tepatnya di Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar.

Baca Juga:   8 Tujuan Wisata Kota Sawahlunto Sumatera Barat

 3. Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai Sumber Foto : www.google.com
Air Terjun Lembah Anai Sumber Foto : www.google.com

Air Terjun yang indah ini terletak di pinggir Jalan Raya Padang – Bukittinggi tepatnya di Kilometer 60 dari Kota Padang. Dahulunya Air terjun ini berada di tengah-tengah hutan, namun pada tahun 1833 Seorang Gubernur Jenderal Van den Bosch memerintahkan untuk membuat jalan raya dan jalur kereta api mengikuti aliran Sungai Batang Anai.

Air Terjun ini memiliki Ketinggian sekitar 25 meter, dan memiliki kolam air yang cukup luas, sehingga tempat ini sangat cocok untuk melepas penat anda diperjalan untuk menuju Kota Bukittinggi maupun ke Kota Padang.

4. Danau Singkarak

Danau Singkarak Sumber Foto : www.google.com
Danau Singkarak Sumber Foto : www.google.com

Danau yang memiliki luas sekitar 1000 hektar ini berada di dua kabupaten, yakni Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok. Jika anda berpergian ketempat ini dari Kota Batusangkar, maka jarak tempuhnya sekitar 33 Km atau Satu jam perjalanan dengan kendaraan bermotor. Keindahan Danau ini membuat decak kagum bagi para pengunjungnya, tak salah disetiap tahunnya ajang balap sepeda tingkat internasional “Tour De Singkarak” terselenggara disini.

5. Puncak Pato

Puncak Pato Sumber Foto : www.google.com
Puncak Pato Sumber Foto : www.google.com

Puncak Pato bisa dikatakan dengan Puncak Tertinggi di Kota Batusangkar yang berpenghuni. Puncak yang terletak di Nagari Batu Bulek Tanah Datar ini pernah menjadi saksi sejarah bagi pertahanan kaum Paderi pimpinan Imam Bonjol dalam menghadap para penjajah dikala itu.

Baca Juga:   Inilah 9 Tujuan Wisata Pasaman Yang Wajib diKunjungi

Pada daerah ketinggian, kita bisa menikmati keindahan hamparan persawahan dan pepohonan yang menjulang tinggi keangkasa ditambah dengan udara yang sangat sejuk, dan jangan lupa bawa bekal kalo kesini ya guys.

6. Batu Angkek-Angkek

Salah satu objek wisata yang unik di Kota Batusangkar adalah Batu Angkek-angkek. Batu yang unik ini memiliki mitos bahwa barang siapa yang mampu mengangkat batu ini dari tempat dudukannya maka cita-cita atau impiannya akan dapat tercapai.

7. Prasasti Adityawarman

Prasasti ini sangat penting bagi perkembangan sejarah budaya minangkabau, di prasasti ini menjelaskan bahwa status kedudukan Adityawarman  serta menyebutkan asal usul dari Adityawarman sebagai anak dari Adwayadwaja yang menjadi tonggak sejarah asal muasal Minangkabau.

8. Batu Basurek

Gak salah kalau Kota Batusangkar sebagai Kota Budaya. Salah satu lagi peninggalan budaya dan sejarah kerajayaan Pagaruyung yang harus wisatawan kunjungi adalah objek wisata batu basurek. Objek wisata ini terletak di Nagari Lima kaum, dan memiliki jarak sekitar 4 Kilometer dari pusat Ibukota Tanah Datar.

9. Batu Batikam

Batu Batikam merupakan salah satu objek wisata budaya dan sejarah adat Minangkabau. Cerita Batu Batikam ini selalu disandingkan dengan cerita mitos, bagaimana tidak, Batu yang bolong ditengahnya ini disebabkan oleh bekas tikaman sebuah keris. Banyak cerita unik lagi jika kita pergi ke objek yang satu ini.

Baca Juga:   13 Tempat Wisata Pariaman dan Sekitarnya yang wajib dikunjungi di Akhir Pekannya

10. Pacu Jawi

Pacu Jawi Sumber Foto : www.google.com
Pacu Jawi Sumber Foto : www.google.com

Pacu Jawi adalah Salah satu event pariwisata nasional yang ada di Kota Batusangkar ini.  Pacu jawi ini merupakan sebuah tradisi masyarakat di 4 Kecamatan yakni Kecamatan Pariangan, Kecamatan Rambatan, Kecamatan Lima Kaum dan Kecamatan Sungai Tarab.

Secara visual, Pacu jawi ini hampir mirip dengan karapan sapi di madura, namun diantara keduanya terdapat perbedaan dalam hal lokasi pacu, Pacu jawi berlokasi di sawah basah, Karapan sapi di Tanah Kering.

Nah itulah Tempat-Tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan, dan masih banyak lagi tempat-tempat wisata yang menarik di Kota Budaya ini. So, tunggu apalagi guys, ayo liburannya disini aja, Selain Murah juga dapat menambah wawasan anda dengan Sejarah Kebudayaan Minangkabau.

LEAVE A REPLY