Inilah 10 Daftar Lengkap Tempat Wisata Andalan Kota Jayapura Papua

0
374
Raja Ampat Papua

Indonesia Kaya Akan Potensi wisata, dari sabang sampai merauke terbentang bumi nusantara yang sangat indah. Jika Kita sisir ketimur indonesia, ada sebuah kota cantik yang bernama Kota Jayapura yang terletak di Provinsi Papua. Kota ini juga dinobatkan sebagai kota terbesar yang ada di Provinsi Papua yang mana memiliki tempat wisata yang sangat indah, meskipun sudah dibilang sebagai kota, namun budaya masyarakatnya masih kental dan masih terdapat masyarakat yang mirip dengan manusia primitive.

Berikut ini Anak Desa akan menjabarkan 10 tempat wisata Kota Jayapura yang harus dikunjungi:

1 Raja Ampat

Provinsi Papua khususnya Kota Jayapura sangat terkenal dengan keindahan pantainya Raja Ampat. Raja Ampat merupakan tempat wisata yang isinya dihiasi dengan pulau-pulau kecil yang sangat indah seperti Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salati dan Pulau Batanta dan memiliki biota laut yang beraneka ragam. Wisata menarik yang ditawarkan di daerah ini salah satunya adalah kegiatan menyelam, dengan menyelam pengunjung bisa menikmati keindahan bawah laut Raja Ampat.

2. Salju Abadi Puncak Jaya Wijaya

Salju diatas Gunung berapi bukanlah hal yang baru disini. Salju abadi yang berada dipuncak Gunung Jaya Wijaya ini merupakan wisata menarik yang ada di Kota Jayapura. Yang paling mengagumkan adalah adanya salju di daerah katulistiwa yang beriklim tropis, konon saljunya tidak akan pernah habis, inilah yang membuat decak kagum bagi sebagian pengunjung.

3. Danau Sentani

Danau Sentani merupakan danau terbesar yang ada di Provinsi Papua dengan luas sekitar 9.360 hektar. Danau ini berjarak sebesar 50 kilometer dari pusat Kota Jayapura. Aktivitas yang dapat dilakukan pengunjung di Danau ini adalah berupa memancing, berenang maupun berwisata kuliner dengan hasil tangkapan danau yang cantik ini.

 4. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman Nasional Teluk Cendrawasih merupakan kawasan konservasi laut terbesar serta terluas di Indonesia, dengan luas sekitar 1 453 500 hektar dan hampir 90 persen wilayahnya berupa perairan. Ditaman ini kita bisa menemukan 196 jenis moluska dan 209 jenis ikan yang bisa kita lihat semuanya di dalam laut. Nilai tambah yang ditawarkan daerah ini adalah ketika penyelam melakukan aktivitas selamnya akan di temani oleh hewan kura-kura, penyu, hiu dan lumba-lumba.

5. Perkampungan Suku Asmat

Suku Asmat merupakan salah satu suku yang paling terkenal di Provinsi Papua. Uniknya di Perkampungan Suku Asmat, kita dapat menikmati perkampungan yang berada di atas papan karena semua aktivitas dari suku asmat ini dilakukan diatas papan yang saling terhubung antara satu sama lainnya. Di perkampungan ini kita bisa menemukan corak adat dalam bentuk Jews atau rumah bujang (Rumah berbentuk panjang sebagai tempat orang-orang asmat melakukan kegiatan komunal).

6. Lembah Baliem

Berlokasi di Sekitar Pengunungan Jaya Wijaya terdapat Lembah Baliem yang merupakan tempat tinggal Suku Dani, Suku Yali dan Suku Lani. Lembah Baliem berada pada ketinggian 1600 mdpl dan mempunyai suhu udara mencapai 10-15 derajat celcius pada malam harinya. Dilembah ini kita bisa menikmati festival Lembah Baliem yang dapat berinteraksi langsung dengan suku asli yang masih memakai koteka bagi pria dan rok rumbai bagi wanita.

7. Danau Paniai

Danau Paniai berada pada ketinggian 1700 mdpl dan memiliki luas sekitar 14500 hektar. Danau ini diakui sebagai danau terindah pada konferensi Danau Se-Dunia di India pada tahun 2007. Disini ada berbagai fasilitas yang disediakan untuk para pengunjung diantaranya Pos Jaga, Pemandu Wisata, perahu sewa, alat pancing serta warung makan.

8. Pulau Rumberpon

Pulau Rumberpon ini berada di Teluk Wondama atau sekitar 5 jam dari Manokwari. Pulau ini memiliki pantai pasir panjang dengan garis pantainya mencapai 6 kilometer dan tentunya menyajikan pemandangan yang sangat indah.

9. Pantai Amai

Pantai Amai memiliki pasir pantai yang sangat putih dan sangat sunyi. Disini pengunjung bisa melakukan aktivitas snorkeling, berenang hingga bermain volley pantai. Uniknya disini terdapat suatu muara sungai yang air asin dan air tawarnya bertemu di muara ini. Disini juga disediakan Penginapan yang bergaya rumah panggung.

10. Teluk Youtefa

Teluk ini banyak menarik perhatian para pengunjung Kota Jayapura, Teluk Youtefa ini diapit oleh dua tanjung yang sangat indah yaitu Tanjung Pie dan Tanjung Saweri. Diteluk ini juga terdapat wisata hutan mangrove dan hutan sagu serta terdapat dua aliran anak sungai yang bermuara ke teluk ini yakni sungai Acai dan Sungai Entrop.

Itulah 10 Tempat wisata andalan yang berada di Kota Jayapura, semoga para pengunjung setia Anak Desa dapat menambah wawasan pariwisata Indonesianya. Jangan Lupa untuk membaca artikel-artikel lainnya ya guys…

LEAVE A REPLY