Inilah 9 Tempat Wisata Kota Bukittinggi Yang Sering diburu Wisatawan !!!

1
611
Kawasan Jam Gadang Bukittinggi

Bukittinggi Kota Wisata

Siapa sih yang tidak kenal dengan Kota Bukittinggi, Kota yang sering diburu para wisatawan-wisatawan. Kota Bukittinggi memang mempunyai daya tariknya tersendiri, tak salah di akhir pekan kota yang dingin ini mendadak ramai dengan kendaraan yang tersusun rapi di sepanjang jalannya. Tak afdal rasanya bila ke Sumatera Barat belum pergi kesini. Jarak tempuhnya pun relatif singkat dari Bandara Internasional Minangkabau Padang dan di sepanjang perjalannya akan disuguhi pemandangan-pemandangan yang sangat memanjakan mata kita semua.

Kota Bukittinggi sering disebut dengan Kota Wisatanya Sumatera Barat, Karena kota ini banyak mempunyai tempat wisata-wisata yang rasanya wajib buat dikunjungi. Nah apa saja wisata nya ? Yuk Simak !!!

1. Jam Gadang

Jam Gadang Bukittinggi Sumber Foto : www.google.co.id
Jam Gadang Bukittinggi Sumber Foto : www.google.co.id

Jam Gadang layak menjadi ikon kota wisata ini, konon katanya Jam Gadang ini hanya ada 2 di dunia, satu nya ada di Kota Bukittinggi dan satunya lagi ada di Inggris dengan sebutan Big Ben. Jam Gadang ini terletak di tengah-tengah kota dan dekat dengan pasar atas Bukittinggi sehingga para pengunjung gampang untuk pergi ketempat ini.

Tempat ini sangat ramai dikunjungi setiap harinya, tak salah jika ada pedagang-pedagang yang berjualan pernak-pernik sebagai tanda oleh-oleh dari Bukittinggi. Banyak Tempat Berfoto-foto disini, karena disekitaran jam gadang juga ada taman-taman bermain buat anda dan keluarga. Pesona Jam Gadang akan terlihat mewah dan indah jika anda pergi kesini pada malam hari. Banyak lampu-lampu taman yang sangat indah. Jangan lupa bawa baju hangatnya, karena udara di Bukittinggi sangatlah dingin.

2. Ngarai Sianok

Ngarai Sianok Sumber Foto : www.google.co.id
Ngarai Sianok Sumber Foto : www.google.co.id

Bukittinggi juga memiliki Grand Canyon seperti di benua Amerika. Masyarakat Sekitar memberi namanya dengan Ngarai Sianok. Patahan Lempengan Bumi terukir indah di lembah ini. Keindahan lembah ini bertambah sempurna dengan kehadiran sungai kecil dibawahnya. Disini juga pernah dijadikan tempat Shooting Film Merantau, sekaligus menjadikan tempat ini sebagai aktraksi silau harimau didalam filmnya.

Baca Juga:   10 Tujuan Wisata Keren di Solok Sumatera Barat

Ngarai Sianok ini tidaklah jauh dari Objek wisata Jam Gadang maka dengan jalan kaki pun akan sampai ketempat ini. Disekitaran Ngarai ini terdapat Rumah Makan yang menyajikan masakan khas daerah ini, yakni “Itiak Koto Gadang” atau sering dikenal dengan Bebek Cabe Ijo. Konon, Anak Sang Proklamator RI Ibu DR Meutia Hatta sering mampir.

3. Lubang Japang (Lubang Jepang)

Lobang Jepang Sumber Foto : www.google.co.id
Lobang Jepang Sumber Foto : www.google.co.id

Jika anda suka dengan wisata goa, disinilah tempatnya yang pas buat anda, selain dapat melihat isi dalam nya goa, anda juga dapat cerita sejarahnya goa ini. Lubang Japang, merupakan goa peninggalan sejarah ketika Indonesia masih dijajah oleh Negara Jepang. Goa ini bukanlah goa yang alami terbentuk oleh alam, melainkan hasil kerja Rodi rakyat indonesia pada waktu itu. Untuk masuk kedalam goa, terlebih dahulu anda membeli karcis masuk dan jika anda membutuhkan pemandu untuk masuk kedalam goa, maka ada petugas yang akan menemani anda. Keindahan Goa akan sempurna dengan adanya cahaya remang-remang yang berasal dari pencahayaan lampu-lampu didalam Goa.

4. Great Wall Koto Gadang (Tembok Besar Koto Gadang)

Koto Gadang Great Wall
Koto Gadang Great Wall Sumber Foto : www.google.co.id

Anda pasti kepikiran Tembok Besar Cina, Tembok besar ini juga ada loh di Bukittinggi, tepatnya di daerah Koto Gadang. Objek wisata ini juga dekat dari lokasi Lobang Jepang sehingga dengan jalan kaki aja anda bisa sampai ketempat ini. Tembok besar ini mempunyai panjang sekitar 1,5 Km dan ini dapat anda tempuh selama 1 jam perjalanan. Kalau mau menaklukan tembok besar ini jangan lupa bawa air minum, karena tembok besar ini memiliki anak tangga yang sangat banyak.

Baca Juga:   Inilah 9 Tujuan Wisata Pasaman Yang Wajib diKunjungi

5. Los Lambuang

Nasi Kapau Sumber foto : Jenzcorner.net
Nasi Kapau Sumber foto : Jenzcorner.net

Puas dengan berkeliling pastinya akan menguras tenaga anda. Ini ada sedikit tips bagi anda untuk hunting makanan di kota ini. Tempatnya bernama Los Lambuang, Ya tempat ini berada di Pasar Lereng nya bukittinggi. Di Los Lambuang ini kita dapat menyantap makanan khas Kota Bukittingi, disini kita dapat menyantap ampiang sagu, nasi kapau, gulai pensi dan lain-lain. Nasi Kapau ini hampir sama dengan Nasi Padang pada umumnya, namun ada sedikit perbedaan, nasi kapau dalam sajiannya lebih banyak sayur-sayuran yang di gulai dibandingkan dengan lauk-lauk yang ada pada nasi padang, untuk harganya pun cukup terjangkau.

6. Jembatan Limpapeh

Jembatan Limpapeh Sumber foto : www.google.co.id
Jembatan Limpapeh Sumber foto : www.google.co.id

Umumnya jembatan berfungsi sebagai penghubung jalan karena dibawahnya ada aliran sungai, namun jembatan limpapeh ini dibawah nya bukan aliran air, melainkan jalan raya. Jembatan limpapeh ini akan membawa anda ke kebun binatang yang ada pada kota bukittinggi ini. Bagi anda yang suka foto-foto selfi, disinilah banyak spot-spot bagus karena kita berada pada ketinggian.

7. Kebun Binatang Kinantan

Kebun Binatang Kinantan Sumber foto : www.google.co.id
Kebun Binatang Kinantan Sumber foto : www.google.co.id

Meskipun di Kebun Binatang, kita akan merasakan nuansa minang dahulu kala karena di dekat kebun binatang ini banyak peninggalan-peninggalan sejarah dahulunya. Tempat ini sangat cocok bagi anda untuk melepas penat dan bersantai sejenak sambil mengisi tenaga lagi buat melancong ketempat wisata lainnya.

8. Museum Rumah Adat Baanjuang

Museum Rumah Adat Baanjuang Sumber foto : www.google.co.id
Museum Rumah Adat Baanjuang Sumber foto : www.google.co.id

Museum Rumah Adat Baanjuang ini berlokasi di Kebung Binatang Kinantan Bukittinggi. Jaraknya pun tidak jauh dari Kawasan Jam Gadang. Di Museum ini kita dapat mengetahui detail-detail tentang apa saja isi dari Rumah Adat Minangkabau dan Pernak-pernik yang dipakai oleh Bundo kanduang dan lain sebagainya.

Baca Juga:   10 Tempat Wisata Keren Kabupaten Solok Selatan Jadi Incaran Banyak Orang

9. Benteng For De Kock

Benteng For De Kock Sumber foto : www.google.co.id
Benteng For De Kock Sumber foto : www.google.co.id

Satu lagi peninggalan sejarah yang dijadikan tempat wisata, ya Benteng For De Kock. Tempat ini juga di jadikan sebagai tempat tujuan pada wisatawan di akhir pekan. Disini para wisatawan dapat menyewa kuda poni untuk berkeliling di sekitaran Benteng For De Kock ini.

Bagaimana ? Saya rasa anda sangat tertarik sekali dengan kota yang dingin ini. So, Mari atur jadwal week end nya ke kota ini, dan jangan lupa foto-foto selfi nya ya !!!

Oh ya, Baca juga yang ini : Inilah 9 Tempat Wisata Yang Wajib diKunjungi Jika Berpergian Ke Solok Selatan Sumatera Barat. Ngak Ada Kata Penyesalan di Akhir Kunjungan !

1 COMMENT

LEAVE A REPLY