9 Daftar Lengkap Wisata Kabupaten Sijunjung Sumatera Barat

2
1045
Kampung Adat Sijunjung

Salah Satu Kabupaten di Provinsi Sumatera Barat yang dilalui Lintas Sumatera adalah Kabupaten Sijunjung. Kabupaten yang beribukota Muaro Sijunjung ini kaya akan wisata alam, budaya, dan sejarah.  Berikut ini Anak Desa akan membahas 9 Tempat wisata yang paling banyak diminati di Kabupaten Sijunjung:

1. Air Terjun Silokek

Air Terjun Silokek Sumber Foto : www.google.com
Air Terjun Silokek Sumber Foto : www.google.com

Air Terjun Silokek merupakan air terjun yang sangat indah dan masih alami yang dipunyai oleh Kabupaten Sijunjung, air terjun berada dalam kawasan hutan karet miliki perkebunan warga sekitar, sehingga para pengunjung dapat merasakan sensasi alam yang sangat kental apabila ada dilokasi air terjun ini. Dari sekian banyaknya potensi wisata yang ada di kabupaten ini, Air Terjun Silokek lah yang paling ramai dikunjungi wisatawan pada saat liburan.

2. Ngalau Sisawah

Ngalau Sisawah Sumber Foto : www.google.com
Ngalau Sisawah Sumber Foto : www.google.com

Panorama pemandangan yang sangat hijau dapat kita dapatkan di Ngalau Sisawah ini. Didalam perut Ngalau Sisawah ini pengunjung dapat menemukan sebuah anak sungai yang mengalir didalamnya ditambah dengan suasana yang sangat sejuk akan menemani keseharian wisatawan jika berada disini. Ada hal yang sangat unik jika wisatawan pergi ke Sisawah melalui Padang Lawas, di tengah-tengah perjalan, wisatawan akan menjumpai pemandangan yang sangat indah dan dapat melihat sebuah Batu Ogung (Batu yang tergantung). Biasanya para wisatawan akan memilih jalur ini (Padang Lawas) untuk pergi ke objek wisata Sisawah.

Baca Juga:   13 Tempat Wisata di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatera Barat

3. Kolam Renang Colau

Kolam Renang Colau Sumber Foto : www.google.com
Kolam Renang Colau Sumber Foto : www.google.com

Untuk aktifitas basah-basahan, Kolam Renang Colau adalah tempat yang sangat tepat untuk dikunjungi oleh wisatawan jika berlibur di Kabupaten Sijunjung ini. Kolam Renang Colau merupakan Objek wisata baru yang sangat ramai dikunjungi oleh warga-warga sekitar. Objek wisata ini terletak tidak jauh dari Pasar Jumat Sijunjung.

4. Kampung Adat Sijunjung

Kampung Adat Sumber Foto : www.google.com
Kampung Adat Sumber Foto : www.google.com

Berwisata Budaya didaerah ini, kita bisa menjumpai Perkampungan Adat Minangkabau. Perkampungan dengan rumah adatnya yang begitu kental memiliki daya tariknya tersendiri. Umumnya bangunan-bangunan yang ada di perkampungan adat ini memiliki bentuk berupa Rumah Gadang Suku Minangkabau. Disini, wisatawan dapat merasakan sensasi Minangkabau pada zaman dahulu, Uniknya wisatawan dapat mengenakan pakaian ala budaya minangkabau disini.

5. Batu Ajuang

Objek Wisata Batua Ajuang terletak di Nagari Batua Ajuang Kecamatan Lubuak Tarok Sijunjuang atau Kilometer 8 Lintas Sumatera. Menurut cerita masyarakat setempat, konon Batu Ajuang ini berasal dari Kapal Ajuang Malin Bonsu yang berubah menjadi batu karena tak mengakui kedua orang tuanya, ceritanya hampir sama dengan cerita rakyat si Malin Kundang.

6. Rumah Kerajaan Jambu Lipo

Rumah Raja Jambu Lipo Sumber Foto : www.google.com
Rumah Raja Jambu Lipo Sumber Foto : www.google.com

Sijunjung juga banyak terdapat peninggalan sejarah, salah satunya adalah rumah kerjaan Jambu Lipo. Rumah Kerajaan ini berupa Rumah Gadang (Rumah Adat Masyarakat Minangkabau) yang memiliki 24 ruang didalamnya. Rumah Kerajaan ini berlokasi di Nagari/Desat Adat Jambu Lipo Kecamatan Lubuk Tarok Sijunjung. Dirumah kerjaan ini wisatawan dapat menemukan peninggalan sejarah berupa Lesung Panjang dan bekas rumah Raja Jambu Lipo.

Baca Juga:   Inilah 9 Daftar Objek Wisata Kota Padang Panjang Sumatera Barat

7. Lubuk Pandakian

Lubuk Pandakian Sumber Foto : www.google.com
Lubuk Pandakian Sumber Foto : www.google.com

Lubuk Pandakian sering digunakan wisatawan dan Masyarakat sebagai tempat pemandian. Lubuk ini terletak di Nagari/Desa Adat Sumpur Kudus Sijunjung. Uniknya, Lubuk Pandakian ini sangat ramai dikunjungi masyarakat sekitar pada saat mau memasuki bulan puasa untuk melakukan prosesi tradisi mandi “balimau”.

8. Makam Raja Ibadat Sultan Alif Khalifatullah.

Makam Raja Ibadat Sumber Foto : www.google.com
Makam Raja Ibadat Sumber Foto : www.google.com

Makam Raja ini terletak di Desa Adat Sumpur Kudus Sijunjung. Dahulunya Raja Ibadat ini adalah salah satu Raja Tiga Selo yang ada di pemerintahan Bundo Kanduang yang ada di Minangkabau. Di makam ini kita dapat menemukan benda peninggalan sejarah berupa Tombak Gumbalo dan Stempek Istana Kerajaan Ibadat.

9. Monumen Sejarah PDRI

Monumen PDRI Sumber Foto : www.google.com
Monumen PDRI Sumber Foto : www.google.com

Monumen bersejarah ini terletak di Desa Adat Sumpur Kudu Sijunjung, yang menandakan bahwa daerah ini pernah menjadi pusat Pemerintahan Darurat republik Indonesia dibawah kepemimpinan Syafruddin Prawiranegara.

Itulah 9 tempat wisata di Kabupaten Sijunjung yang ramai dan diminati oleh wisatawan ketika berliburan kedaerah ini. Silahkan Baca Artikel lainnya ntuk Informasi mengenai tempat-tempat wisata daerah lainnya di Sumatera Barat. Terimakasih.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY