BERITA  

Polres Sanggau gelar Apel Kesiapan Operasi Bina Karuna Kapuas Tahap II Tahun 2023.

Sanggau ,infodesaku.com

telah dilaksanakan Apel Kesiapan Operasi Bina Karuna Kapuas Tahap II Tahun 2023 dalam rangka pencegahan Karhutla serta Gakkum di Wilkum Polres Sanggau dihalaman Polres Sanggau Kalbar, Kamis (15/6/2023).

Polres Sanggau bersinergi bersama BPBD, Manggala Agni, Damkar dan Instansi yang berkompeten dalam penanganan Karhutla di Kabupaten Sanggau

Apel, Selaku Irup yaitu Waka Polres Sanggau KOMPOL Novrial Alberti Kombo, S.I.K, M.A.P., serta dihadiri oleh Pasi Ops Kodim 1204 Sanggau KAPTEN INF Yunus, Kepala BPBD Kab. Sanggau Budi Darmawan, Pengurus DAD Kab. Sanggau, PJU Polres Sanggau, Pleton Personil Polres Sanggau, Pleton Kodim 1204 Sanggau, Pleton Denpom Sanggau, Pleton Damkar Pemkab. Sanggau, Pleton BPBD Kab. Sanggau dan Pleton Manggala Agni Pokja Sanggau.

Dalam kegiatan Apel Gelar Pasukan dilakukan penyematan pita oleh Irup tanda dimulainya Ops BK II Tahun 2023.

Beberapa amanat yang disampaikan Irup , Pertama Mengucapkan puji syukur karena dapat melaksanakan Apel Gelar Pasukan Ops BK Kapuas Tahap II Tahun 2023. Gelar Pasukan dilaksanakan dalam rangka sarana pengecekan kesiapan pelaksanaan tugas Ops BK Tahap II yang pelaksanaannya berlangsung 21 hari terhitung mulai tanggal 15 Juni s/d 6 Juli 2023.

c. Karhutla merupakan permasalahan yang terus dihadapi oleh Indonesia dan khususnya Provinsi Kalbar yang mana permasalahan Karhutla menjadi perhatian bersama sehingga diharapkan dapat dilakukan pencegahan serta penanggulangan manakala Karhutla terjadi.
Karhutla berdampak bagi kesehatan, ekosistem dan perekonomian negara.
Pada tahun 2022 Prov. Kalbar menduduki peringkat tertinggi penyumbang Emisi CO2 sehingga berdampak pada meningkatnya suhu udara, perubahan iklim dan pemanasan global

Menyikapi hal tersebut Polda Kalbar terus berkomitmen untuk serius dalam penanganan Karhutla dengan mengedepankan prinsip kerja yang responsif, partnership dan solutif.

Prediksi BMKG bahwa Indonesia diperkirakan memasuki musim El-Nino di pertengahan tahun yang mana minimnya curah hujan sehingga berpotensi terjadinya Karhutla.

Dalam mengantisipasi hal tersebut, Polri melakukan langkah-langkah strategis dalam pengendalian Karhutla yakni dengan melaksanakan Ops BK.
-Lakukan kolaborasi antar Satgas, Instansi, Manggala Agni dan pihak-pihak berkompeten lainnya

  • Berikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat serta lakukan Gakkum guna memberikan efek jera kepada pelaku.
  • Lakukan Anev secara berkala sehingga pimpinan dapat mengambil kebijakan lebih lanjut.
    Selama kegiatan berlangsung situasi dalam keadaan aman dan kondusif

(Syamsumen)

.

Exit mobile version