Serah Terima Pos Satgas Pamtas RI – Malaysia Dari Yonif 645/Gardatama Yudha Kepada Yon Armed 16/Tumbak Kaputing

  • Share

SANGGAU, infodesaku.com – Satuan Batalyon Infanteri 645/Gardatama Yudha yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia seluruh pos-pos melaksanakan serah terima tugas sebagai pasukan penjaga wilayah perbatasan Sector Barat Kalimantan Barat yang berbatasan langsung Serawak Malaysia dengan Satgas Pamtas RI – MLY Yon Armed 16/Tumbak Kaputing, bertempat di seluruh jajaran Pos Pamtas yang terpusat di Makotis Entikong, Desa Entikong, Kabupaten Sanggau, Senin (29/5/ 2023).

Demikian disampaikan Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha, Letnan Kolonel Inf Hudallah, S.H. dalam keterangan tertulisnya di Markas Komando Taktis (Makotis) Gabma Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau.

Dansatgas Mengatakan, Batalyon Infanteri 645/Gardatama Yudha telah bertugas selama 12 bulan 2 hari di perbatasan Rl-Malaysia Kalimantan Barat sektor barat dari mulai wilayah Pos Temajuk sampai dengan Pos Guna Banir yang meliputi Kabupaten Sambas, Kabupaten Bengkayang dan Kabupaten Sanggau.

“Salah satu wilayah perbatasan darat Indonesia yang wajib dijaga keutuhannya NKRI adalah Pulau Kalimantan yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia,” imbuhnya.

Diketahui, wilayah Darat Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Malaysia bagian Serawak.

Perlu diketahui Bersama bahwa Pengamanan wilayah perbatasan sudah jelas diamanatkan dalam Undang-Undang RI Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI dalam pasal 7 poin (2) Tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan dengan Operasi militer untuk perang dan Operasi militer selain perang, yaitu pada Poin 4 mengamankan wilayah perbatasan serta sudah diatur juga oleh Peraturan Menteri Pertahanan Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2014 Tentang Kebijakan Pengamanan Wilayah Perbatasan.

Dalam arahannya Letkol Inf Hudallah, SH menjelaskan, Kita Melaksanakan Satgas Pamtas Sektor barat pusat kendali Satgas operasi selama 1 tahun kedepannya disini,
Kepada Satgas yg baru tugas operasi pengamanan perbatasan di wilayah kita sendiri, Karena kita tugas di wilayah kita sendiri kita membawa Panji-panji Tanjungpura dan diharapkan kalian lebih baik dari pasukan dari luar Tanjungpura, dari sektor penguasaan wilayah Kalian lebih menguasai sektor baik Geokonso daerah karena kalian tugas didaerahnya kalian sendiri, untuk ancaman disini hampir tidak ada ancaman disini yang sebenarnya adalah diri kita sendiri, terimakasih kepada Anggota yang telah selesai melaksanakan tugas selama 1 tahun 2 hari ini saya harapkan kepada rekan kalau ada Anggota Yon Armed 16/Tk yg perlu bantuan kalian bantu saya harapkan Satgas Pamtas Yon Armed 16/Tk nantinya lebih baik lagi dari kita, kami harapkan kalian satgas pamtas yg baru lebih baik dari pada satgas pamtas 645/Gty.

Satgas Pamtas yang ditempatkan di wilayah perbatasan RI-Malaysia harus menjamin keamanannya, serta memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat perbatasan, khususnya di bidang pendidikan, kesehatan dan ketahanan pangan.

Selanjutnya diakhir acara serah terima dari Satgas Pamtas yang lama kepada satgas pamtas yang baru, dilaksanakan penandatanganan buku memorandum serah terima dari Dansatgas Lama kepada Dansatgas baru sebagai wujud nyata legalitas meneruskan penugasan operasi kedepannya.

(Syamsumen)

  • Share
Exit mobile version