BERITA  

Pastikan Keamanan Berlangsung Kondusif, Kakanwil Sambangi Lapas Perempuan Pontianak

Kubu Raya ,infodesaku.com

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Barat (Kalbar), Pria Wibawa melakukan kunjungan ke Lapas Perempuan Kelas IIA Pontianak, Sabtu (13/05/23)

Didampingi Kepala Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Pontianak, R. Tarbiati, kedatangan Kakanwil tersebut untuk memastikan pengamanan di Lapas Perempuan berjalan dengan baik dan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).

“Secara langsung saya memastikan SOP Pengamanan, Penjagaan dan Pembinaan di Lapas Perempuan Pontianak berjalan dengan baik Selain itu, kami juga melakukan pemeriksaan terhadap 14 narapidana perempuan yang merupakan warga binaan pindahan dari Lapas Ketapang,” jelas Pria.

Para narapidana tersebut tiba di Lapas Perempuan Pontianak pada malam (12/05) dan dilakukan pemeriksaan kesehatan sebelum diarahkan ke sel masing-masing.

Kakanwil dalam kunjungannya, memastikan juga bahwa para warga binaan perempuan yang dipindahkan dari Lapas Ketapang berada dalam kondisi aman dan sehat.

“Hal ini merupakan bagian dari tanggung jawab pemerintah untuk memberikan perlindungan dan pemenuhan hak asasi manusia kepada warga binaan,” tambahnya.

Selain itu, Kakanwil juga menekankan pentingnya menjaga disiplin dan ketertiban di dalam Lapas Perempuan.” Hal ini menjadi kunci utama dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan para warga binaan, serta meminimalisir kemungkinan terjadinya gangguan keamanan di dalam Lapas,” ujar Mantan Direktur Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian.

Kakanwil tidak lupa untuk mengingatkan kepada Kalapas Perempuan Pontianak R. Tarbiati dan jajaran untuk selalu berpegang teguh pada 3 Kunci Pemasyarakatan Maju plus Back to Basics yakni Aspek 3 Kunci Pemasyarakatan Maju yakni dengan melakukan deteksi dini, pemberantasan narkoba, serta membangun sinergi dengan aparat penegak hukum lainnya.

“Mari kita terus laksanakan Back to Basics dalam lingkungan kerja kita dengan kembali implementasikan prinsip-prinsip dasar Pemasyarakatan. Ikuti peraturan yang telah ditetapkan dengan tetap berpegang pada Kode Etik Petugas Pemasyarakatan,” pungkasnya.

Dalam kunjungannya tersebut, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalbar juga memberikan apresiasi kepada para petugas Lapas Perempuan yang telah bekerja dengan baik dan profesional.

( Dalys )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *