BERITA  

Prajurit Satgas Pamtas Yonif 645/Gardatama Yudha Latih Navigasi Darat Kepada Mapala dan Karang Taruna

SAMBAS, infodesaku.com – Guna meningkatkan rasa cinta tanah air dan wawasan kebangsaan di wilayah perbatasan, Prajurit Pos Temajuk Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha melaksanakan pelatihan Navigasi darat dengan materi Kompas Siang dan Malam kepada anggota Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) dan Karang Taruna Desa Temajuk. yang dilaksanakan di lokasi Pos Pamtas Temajuk, Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.

Demikian disampaikan Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha, Letnan Kolonel Inf Hudallah, S.H. dalam keterangan tertulisnya di Markas Komando Taktis (Makotis) Gabma Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau. Selasa, (24/01/23).

Dansatgas mengatakan, kegiatan pelatihan Navigasi darat tersebut dipimpin oleh Danpos Temajuk Lettu Inf Chandra beserta 3 (tiga) orang anggota kepada anggota Mapala dan karang taruna desa temajuk sebanyak 15 (lima belas) orang dengan materi Kompas siang dan malam.

Navigasi darat adalah ilmu yang mempelajari cara seseorang menentukan suatu tempat dan memberikan bayangan medan, baik keadaan permukaan serta bentang alam dari bumi dengan bantuan minimal peta dan Kompas dan Pengetahuan navigasi darat juga diperlukan untuk usaha-usaha dalam pencarian dan penyelamatan korban kecelakaan atau tersesat di gunung dan hutan.

Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan melatih materi Navigasi Darat Kompas siang dan malam kepada mapala dan karang taruna temajuk yang dilaksanakan oleh prajurit Pos Temajuk Satgas Pamtas Yonif 645/Gty selain melatih keterampilan navigasi darat, diharapkan personil mapala dan karang taruna mengetahui dan mampu dalam menguasai kompas serta teknik dalam melaksanakan navigasi darat, khususnya kegiatan latihan kompas di malam hari serta diharapkan juga personel mengetahui dan melihat potensi yang ada di Kabupaten Sambas.
(Pen Satgas Pamtas Yonif 645/Gty)

Publis: Syamsumen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *