BERITA  

Pastikan Kondisi Aman dan Terkendali Jelang Tahun Baru, Kakanwil Sidak Rutan dan Lapas Pontianak

Pontianak ,infokalbar.com

Kantor Wilayah Kalimantan Barat | Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia
Pastikan Kondisi Aman dan Terkendali Jelang Tahun Baru, Kakanwil Sidak Rutan dan Lapas Pontianak
Kanwil Kalbar 01 Januari 2023 Dilihat: 32
fShareShareSimpan
WhatsApp Image 2023 01 01 at 07.33.231

Pontianak – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Kalbar Pria Wibawa melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Pontianak, Sabtu (31/12). Sidak tersebut disambut langsung oleh Kepala Rutan Raja Muhammad Ismael Novadiansyah dan Kepala Pengamanan Damaiyanto.

Kegiatan yang dilaksanakan malam hari pada pukul 22.00 ini dilakukan dalam rangka untuk memantau secara langsung situasi keamanan dan ketertiban jelang Tahun Baru 2023. Hal ini sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran dari Dirjen PAS Nomor PAS-1883.PK.05.08 TAHUN 2022 tentang peningkatan kewaspadaan menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru 2023

Kakanwil melihat kesiapsiagaan petugas jaga serta kelengkapan sarana dan prasarana pengamanan yang ada. Selain itu dalam sidaknya Kakanwil juga melakukan kontrol keliling blok hunian, hingga pengecekan kamar-kamar warga binaan. Pria Wibawa menyampaikan peran dan fungsi pengamanan di Rutan, kesigapan petugas dalam mengahadapi gangguan keamanan dan bila terjadi hal yang tidak di inginkan, mengingat Rutan Pontianak juga over kapasitas.

Kakanwil juga mengimbau kepada petugas Rutan agar tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap segala bentuk gangguan keamanan dan ketertiban yang berpotensi terjadi menjelang Tahun Baru 2023.

Di waktu yang bersamaan, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kalbar Ika Yusanti juga melakukan pemantauan di Lapas Kelas IIA Pontianak dan LPKA Sungai Raya. Dalam pelaksanaan pemantauan Ika berpesan kepada para Kepala UPT dan pejabat struktural agar di setiap UPT terdapat petugas dan pejabat struktural yang dieperbantukan untuk meningkatkan pengamanan dan kewaspadaan, terdapat petugas TNI dan Polri yang melaksanakan patroli di UPT Lapas Pontianak

Ika juga memastikan bahwa tidak ada UPT yang mengadakan perayaan pergantian malam tahun baru dengan pesta kembang api dan petasan. Ika juga kembali memerintahkan kepada seluruh Kepala Unit pelaksana teknis siap siaga di UPT masing-masing agar disetiap UPT berada dalam keadaan aman dan kondusif serta tidak ada gangguan kamtib.

Publis : Dalys

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *