BERITA  

Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 645/Gardatama Yudha Latihkan Siswa-Siswi Pramuka jelajahi Alam Terbuka

Sanggau, infodesaku.com − Personil Pos Lubuk Tengah Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-MLY Yonif 645/Gardatama Yudha sector barat kalimantan barat dipimpin oleh Danpos Serka Tedi beserta 5 (lima) orang anggota melaksanakan kegiatan pelatihan kepada anak-anak siswa-siswi pramuka SMP N 04 Lubuk Sabuk menjelajahi alam terbuka (hutan), berlokasi di daerah Lubuk Sabuk dan Lubuk Tengah, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau.

Demikian disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/Gty, Letkol Inf Hudallah, S.H. dalam keterangan tertulisnya di Markas Komando Taktis (Makotis) Gabma Entikong Kec. Entikong Kab. Sanggau, Sabtu (18/12/22).

Dansatgas mengatakan, kegiatan menjelajah alam terbuka ini yang dilatihkan oleh personil satgas pamtas yonif 645/Gty kepada siswa-siswi pramuka Smp N 04 Lubuk Sabuk dalam rangka untuk melatih dan membentuk kepribadian siswa-siswi tersebut serta agar supaya lebih mencintai dan mengenal alam sekitar dan hutan-hutan yang berada di daerah Lubuk Sabuk dan Lubuk Tengah.

Dikatakannya, sekitar 55 (Lima puluh lima) orang siswa-siswi pramuka yang didampingi juga oleh guru pendamping dari SMP N 04 Lubuk Sabuk pada kegiatan menjelah alam terbuka atau hutan-hutan ini sangat antusias dan juga menambah wawasan pengetahun bagi siswa-siswi pramuka tersebut.

Pada kegiatan tersebut personil Pos Lubuk Tengah Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-MLY Yonif 645/Gardatama Yudha memberikan ilmu pengetahuan mengenai, fungsi Kompas agar tidak tersesat di dalam perjalanan, dasar Teknik survival, mencari jejak, leadership (kepemimpinan), tumbuh-tumbuhan di alam terbuka yang boleh dimakan sebagai mempertahankan hidup di hutan alam terbuka.

“Kegiatan pramuka di alam terbuka ini bertujuan untuk melatihkan kepada siswa-siswi pramuka smp n 04 lubuk sabuk tentang menjaga lingkungan, mengembangkan diri, melihat alam dan lingkungan sekitar, mencari persoalan/permasalahan, mengatasi tantangan, menemukan cara hidup yang menyenangkan dan sederhana, membina dengan anggota kelompok,” ungkap Dansatgas.

Sementara itu perwakilan guru dari sekolah SMP N 04 lubuk sabuk, mengungkapkan rasa senang dan terima kasih atas partisipasi pelatihan pihak Satgas Pamtas Yonif 645/GTY, untuk kedepannya semoga kegiatan ini dapat dilaksanakan terus menerus sehingga anak-anak siswa-siswi pramuka lebih aktif dan pandai dalam pengetahuan di alam terbuka dan sekaligus tetap terjaga silaturahmi.

Danpos Lubuk Tengah Serka Tedi mengungkapkan rasa terima kasih kepada pihak sekolah karena telah berkenan melibatkan personil pos lubuk tengah dalam kegiatan tersebut.

“Kami sangat berterima kasih sekali karena telah dilibatkan dalam kegiatan ini, melalui kegiatan ini juga kami dapat memberikan pengetahuan dan pelajaran untuk adik-adik agar lebih mengenal kehidupan di alam terbuka”.

Publis: Syamsumen

(Pen Satgas Pamtas Yonif 645/Gty)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *