Ritual Mandi Daun Sabang ke VI di Obyek wisata Danau Padong Pangeran

  • Share

Entikong, infodesaku.com – Komunitas Budaya Sekayam (KBS), Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, pada tanggal 24 – 25 September 2022 belum lama ini menggelar ritual Mandi Daun Sabang yang ke VI, acara ritual tersebut dilaksanakan di Obyek Wisata Danau Padong Pangeran, Dusun Nokut, Desa Balai Karangan, Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau Kalbar.

Acara ritual Mandi Daun Sabang (25/9/2022) dihadiri oleh ribuan pengunjung dari berbagai Daerah, seperti dari Kabupaten Sekadau, Kabupaten Sanggau, dari Pontianak, dan masyarakat di kawasan Perbatasan Kabupaten Sanggau, juga hadir tamu undangan dari negara tetangga Brunei Darussalam.

Ritual Mandi Daun Sabang oleh Komunitas Budaya Melayu (KBS) juga telah dilaksanakan di komplek masjid Al Huda Balai Karangan 3 Desa Balai Karangan, dan untuk yang ke VI kita adakan di tempat Obyek Wisata Padong Pangeran. karena Padong Pangeran memiliki history tersendiri bagi masyarakat Balai karangan.

Sebelumnya, Kegiatan lainnya yang di gelar Komunitas Budaya Melayu (KBS) lainnya lomba Sampan Bidara yang di selenggarakan berturut-turut selama 2 hari (24-25) dengan peserta lomba berasal dari berbagai wilayah Yang ada di Bumi Dara Nante, dan menyambut Tamu Undangan ditampilkan tarian kolaborasi Melayu dan Dayak yang melambangkan kerukunan.

“Dalam ritual tradisi mandi Safar banyak mengandung makna filisofi dan simbolitas sebagai pembersihan diri manusia baik secara pribadi maupun secara komunitas yang tertuang dalam rentetan penyelenggaraan ritus tradisi Mandi safar,” ungkap Kamarudin.

Kamarudin menambahkan Acara ritual Mandi daun Sabang dihadiri langsung oleh Pangeran Ratu Surya negara, Drs. H. Gusti Arman, MSi dan Ratu Permaisuri Surya Negara, Hj. Sri Rahmawati, Staf ahli 1 mewakili Bupati Sanggau Kadis Parawisata, BPNB Sanggau, Kedes Balai Karangan, DAD Kabupaten Sanggau dan DAD kecamatam Sekayam, Tokoh masyarakat, dan Wakil ketua Komunitas (KBS).

Erzan Umar Kades Balai Karangan kepada media ini juga mengatakan bahwa pada Intinya Kades sangat Apreasiasi atas terselenggaranya kegiatan Ritual Mandi Daun Sabang di Desa Balai Karangan dan berharap semoga Kegiatan ini terus Berlanjut karena wujud Promosi Potensi Wisata merupakan baru satu-satunya yang ada di Kawasan Perbatasan kabupaten Sanggau Kalbar.

Erzan mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Sanggau karena telah banyak membantu acara mandi Daun Sabang ini sisilain juga telah memberi bantuan berupa benih ikan sebayak 5000 ekor yang kita lepas bersama di Padong Pangeran pada hari ini Minggu (25/9/2022) dan kepada panitia dan semua pihak terutama Perkopincam Sekayam yang telah bekerja keras dalam acara ini, ucapnya Erzan penuh santun.

Ditempat yang sama Iswandi Sekretaris PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Sekayam juga mengatakan bahwa Ormas Pemuda Pancasila yang ada di Kecamatan Sekayam ini mendukung atas kegiatan dan acara ritual tradisi Adat Mandi Daun Sabang di tempat objek wisata Padong Pangeran ini, disini kami sebagai Tamu Undangan juga sekaligus berperang membantu Pengamanan. (Syamsumen)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *