BERITA  

Semarak HUT RI ke-77, Kepala BPD Mekar Baru Ajak Masyarakat: Bersama Wujudkan untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat

BENGKAYANG, infodesaku.com – Dusun Barabas Baru II, Desa Mekar Baru, Kecamatan Monterado, Kabupaten Bengkayang melakukan seremonial penyerahan hadiah bagi pemenang berbagai lomba yang diselenggarakan dalam rangka menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke-77 tahun 2022, pada Sabtu (20/08/2022).

Dalam momen tersebut, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Mekar Baru, Kecamatan Monterado, Kabupaten Bengkayang, Hadmori mengajak seluruh komponen masyarakat Dusun Barabas Baru II bersatu untuk mewujudkan rasa kehidupan berbangsa dan bernegara, sesuai dengan tema peringatan HUT RI ke-77 adalah “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

“Dan yang diperkuat dengan sub tema ‘Dengan Semangat Kemerdekaan Mari Bersama-sama Kita Wujudkan untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’,” tuturnya.

Dengan sub tema tersebut, Hadmori menjelaskan, turut pula merefleksikan nilai-nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika yang mempersatukan bangsa ini dalam menghadapi tantangan yang ada serta pulih lebih cepat dari kondisi pandemi Covid-19 dan bangkit lebih kuat untuk wujudkan harapan bangsa yang berdaulat adil dan makmur.

“Pada momentum HUT RI ke-77 ini, saya atas nama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Desa Mekar Baru, Kecamatan Monterado, Kabupaten Bengkayang mengajak semua stakeholder pemerintahan Desa Mekar Baru untuk saling menopang, tolong menolong, dan bekerja sama untuk memperkuat semangat kebersamaan untuk Indonesia ‘Pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat’,” tegasnya.

Pada malam penutupan serta penyerahan hadiah pemenang lomba acara HUT RI ke-77, H Hairi, selaku tokoh masyarakat dan pemuka agama dalam sambutannya menyampaikan, secara nasional sudah 77 tahun Indonesia ini merdeka namun hingga saat ini secara khusus masyarakat di Dusun Barabas Baru II belum merasakan “kemerdekaan” itu sendiri, karena ada sendi-sendi kehidupan masyarakat yang tidak atau belum diperhatikan.

“Contohnya, jalan menuju dusun kita hancur dan sejak tahun 89 hingga saat ini, tidak pernah disentuh atau dibangun dan seakan kita di anak tirikan. Sesuai dengan tema HUT RI ke-77 ‘Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’ serta dengan semangat kemerdekaan mari bersama-sama kita wujudkan harapan, cita-cita bangsa yang adil, berdaulat dan makmur,” tuturnya.

Senada dengan itu, H Faujan Bujang sebagai perwakilan Kepala Desa Mekar Baru, turut mengajak masyarakat agar memaknai kemerdekaan ini lebih dalam.

“Mari kita sambut dengan baik dan penuh suka cita kemeriahan kemerdekaan RI yang ke-77 dengan semangat gotong-royong untuk Indonesia ‘Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’,” sampai H Faujan Bujang dalam sambutannya.

“Biarlah semangat kemeriahan kemerdekaan ini dapat kita rasakan bersama, betul apa yang disampaikan bapak Haji Hairi pada sambutannya bahwa kita masyarakat Dusun Barabas II ini memang terisolir dan (seolah) dianak tirikan, hampir 40 tahun ini infrastruktur jalan dan jembatan kita tidak diperhatikan oleh pemerintah terkait,” tutupnya. (Rilis/Mardi)

Leave a Reply

Your email address will not be published.