Mirisnya Menjelang HUT RI 77 Salah Satu Desa di Ketapang Kalbar Belum Teraliri Jaringan Listik

Ketapang, infodesaku.com – Dari beberapa desa di Kalimantan Barat salah satunya desa Labai Hilir, Kecamatan Simpang Hulu Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat belum diterangi listrik. Menurut penuturan Kepala Desa Labai Hilir, Sjak Fa. Merupakan desapaling ujung di Kabupaten Ketapang.

Dilansir dari Liputan 6 desa Labai Hilir berjarak 70 KM dari kecamatan Simpang Hulu, terdiri dari dua dusun, 1 dusun Kucai dengan 2 RT dan 48 KK. Kemudian Dusun Labai Hilir dengan 9 RT 20 KK.

“Akses cukup jauh yang menyebabkan desa ini belum tealiri listrik dan juga berbatasan dengan Kabupaten Sanggau dan Kabupaten Kubu Raya,” katanya dikutip Minggu (14/08).

Dia pun menambahkan bahwa untuk fasilitas listik selama ini hanya mengandalkanpanel di depan rumah dan beberapa masyarakat yang mampu mempunyai genset sendiri.

“Semoga masyarakat kami yang multi etnis ini tidak ada konflik karena polisi juga aktif memantau, kami berharap momen kemerdekaan ini menjadi titik awal pembangun menerangi listik di Desa Labai Hilir,” harap Sjak Fa.

Ia menambahkan, jika akses jalannya dari batas kabupaten rencana akan ada pembebasan lahan untuk jalan akses darat dari Bagan Asam ke Kucai itu ada 12 KM.

“Cuma kalau tarik garis lurus hanya 7 KM, walaupun melalui hutan,” katanya. 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Labai Hilir juga didampingi Ketua Temenggung Adat, Bujang Kasim menyatakan kegembiraan dan dukungannya jika Desa Labai dapat teraliri listrik oleh Pemerintah.

“Keberadaan listrik sangat penting sekali. Kami mendukung kalau ada rencana pengadaan listrik di Labai Hilir ini. Saat ini fasilitas yang sangat tidak mencukupi kebutuhan masyaraka di sini, harapan kami pemerintah dapat menyediakan akses listrik di Labai Hilir ini, karena listrik sudah jadi kebutuhan dasar masyarakat, ” katanya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.