BERITA  

Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis Sampaikan LKPj Tahun Anggaran 2021

BENGKAYANG, infodesaku.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bengkayang menggelar Rapat Paripurna Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Bengkayang tahun 2021, bertempat di aula DPRD Selasa (29/3/2022).

Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis, menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Bengkayang Tahun Anggaran 2021.

Dalam Laporannya Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis menyampaikan, “Dalam Rapat Paripurna yang terhormat ini, kami atas nama Pemerintah Kabupaten Bengkayang menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada pimpinan dan seluruh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bengkayang atas peran dan kemitraan yang baik selama ini sehingga berbagai agenda pemerintah dapat berjalan dengan lancar dan sukses. 

Hal ini sebagai wujud kolaborasi yang kuat dalam mengawal kepemimpinan kami pada periode 2021-2026.

Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) merupakan laporan yang disusun berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, yang bertujuan menyampaikan secara transparan pelaksanaan program dan kegiatan pemerintahan yang telah dilaksanakan selama Tahun Anggaran 2021,” terang Darwis.

Menurut Darwis, perlu diketahui bersama bahwa capaian pelaksanaan program dan kegiatan merupakan kerja keras semua pihak, baik pemerintah, lembaga legislatif, maupun seluruh stakeholder di Kabupaten Bengkayang, sementara itu program dan kegiatan yang belum mencapai target dilihat sebagai tantangan untuk diatasi bersama di tahun berikutnya.

Saya menyadari adanya kepenatan, kejenuhan, kelelahan, kesedihan dan kesusahan selama pandemi Covid -19 ini dan saya juga menyadari begitu banyak kritikan kepada pemerintah terutama terhadap hal-hal yang belum bisa kita selesaikan,”Kritik yang membangun itu sangat penting dan selalu kita jawab dengan pemenuhan tanggung jawab sebagaimana yang yang diharapkan masyarakat kabupaten bengkayang,” terangnya.

Lanjut Darwis lagi, hasil Pembangunan di Kabupaten Bengkayang, sekaligus sebagai bahan evaluasi kita bersama untuk lebih meningkatkan kinerja dalam membangun Kabupaten Bengkayang yang sangat kita cintai ini, dan seluruh pencapaian pembangunan yang telah kita raih saat ini merupakan Implementasi Visi Pembangunan Kabupaten Bengkayang Tahun 2021-2026 adalah : Kabupaten Bengkayang Maju, Mandiri, Sejahtera dan Berdaya Saing Ditopang Pemerintahan Yang Bersih dan Terbuka”

Mantan Ketua DPRD Bengkayang 2009-2014 ini menambahkan,” Dalam upaya mewujudkan Visi tersebut, perlu dirumuskan Misi yang menjelaskan ruang lingkup prioritas dalam melaksanakan kegiatan. Hal ini dimaksudkan agar arah setiap program dan kegiatan menjadi jelas dan dapat menciptakan keadaan yang membuat kehidupan masyarakat di daerah berlangsung efektif serta memiliki peran penting untuk memberi pengaruh dan turut mendukung kemajuan daerah.

Adapun Misi Kabupaten Bengkayang adalah : Misi 1 : Mewujudkan kualitas sumber daya manusia yang sehat, cerdas dan religius

Misi 2 : Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, peduli, bersih, terbuka, tegas, amanah dan berwibawa yang berorientasi pada pelayanan publik yang prima berbasis teknologi komunikasi dan informasi serta penguatan kemitraan pemerintah dengan dunia usaha

Misi 3 : Meningkatkan ketersediaan dan kualitas infrastruktur dasar untuk mendukung peningkatan investasi dan pertumbuhan ekonomi sekaligus menjaga stabilitas ekonomi daerah

Misi 4 : Mewujudkan Kabupaten Bengkayang sebagai Kabupaten maju dalam bidang pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, perdagangan, jasa dan pariwisata

Misi 5 : Mewujudkan Kabupaten Bengkayang menjadi smart desa 

Misi 6: Melaksanakan pembangunan kawasan perbatasan yang optimal 

Dan Misi 7: Mewujudkan pembangunan daerah berwawasan lingkungan

Sedangkan, Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Bengkayang yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026 ini perlu mendapat dukungan dari kita semua agar seluruh Misi dapat terealisasi dengan baik sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama demi terwujudnya masyarakat Kabupaten Bengkayang yang maju, mandiri, sejahtera dan berdaya saing ditopang pemerintahan yang bersih dan terbuka,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan,” Pandemi Covid-19 yang melanda menyebabkan rentetan dampak terhadap perekonomian baik di tingkat pusat maupun daerah, hal ini menyebabkan adanya kebijakan Refocusing dan Realokasi Anggaran Belanja APBD Tahun Anggaran 2021 yang digunakan untuk penanganan tanggap darurat pandemi covid-19.

Nah, berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Bengkayang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bengkayang Tahun 2021, Total Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kabupaten Bengkayang Tahun Anggaran 2021 berdasarkan Laporan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah sebesar Rp. 1.068.465.241.615,00 (Satu Triliun Enam Puluh Delapan Milyar Empat Ratus Enam Puluh Lima Juta Dua Ratus Empat Puluh Satu Ribu Enam Ratus Lima Belas Rupiah) dengan Realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kabupaten Bengkayang Tahun Anggaran 2021 sebesar Rp.974.709.738.944,74 (Sembilan Ratus Tujuh Puluh Empat Milyar Tujuh Ratus Sembilan Juta Tujuh Ratus Tiga Puluh Delapan Ribu Sembilan Ratus Empat Puluh Empat Rupiah Tujuh Puluh Empat Sen) dengan capaian sebesar 91,23%. 

Selanjutnya kata Darwis, Laporan Realisasai Anggaran Pendapatan Belanja Daerah dibagi menjadi 3 (tiga) Pendapatan Yaitu: 

a.Pendapatan Asli Daerah, adapun Anggaran Pendapatan Asli Daerah Tahun Anggaran 2021 adalah sebesar Rp. 62.981.408.348,00 (Enam Puluh Dua Milyar Sembiler Ratus Delapan Puluh Satu Juta Empat Ratus Delapan Ribu Tiga Ratus Empat Puluh Delapan Rupiah) dengan Realisasi sebesar Rp. 30.608.594.249,15 (Tiga Puluh Milyar Enam Ratus Delapan Juta Lima Ratus Sembilan Puluh Empat Ribu Dua Ratus Empat Puluh Sembilan Rupiah Lima Belas Sen) dengan capaian sebesar 48,60%. 

b. Pendapatan Transfer.

Adapun Anggaran Pendapatan Transfer Tahun Anggaran 2021 adalah sebesar Rp. 946.539.203.267,00 (Sembilan Ratus Empat Puluh Enam Milyar Lima Ratus Tiga Puluh Sembilan Juta Dua Ratus Tiga Ribu Dua Ratus Enam Puluh Tujuh Rupiah) dengan Realisasi sebesar Rp. 936.223.682.937,86 (Sembilan Ratus Tiga Puluh Enam Milyar Dua Ratus Dua Puluh Tiga Juta Enam Ratus Delapan Puluh Dua Ribu Sembilan Ratus Tiga Puluh Tujuh Rupiah Delapan Puluh Enam Sen) dengan capaian sebesar 98,91 %.

c. Lain-Lain Pendapatan Daerah Yang Sah, adapun Anggaran Lain-Lain Pendapatan Yang Sah Tahun Anggaran 2021 adalah sebesar Rp. 58.944.630.000,00 (Lima Puluh Delapan Milyar Sembilan Ratus Empat Puluh Empat Juta Enam Ratus Tiga Puluh Ribu Rupiah) dengan Realisasi sebesar Rp. 7.877.461.757,73 (Tujuh Milyar Delapan Ratus Tujuh Puluh Tujuh Juta Empat Ratus Enam Puluh Satu Ribu Tujuh Ratus Lima Puluh Tujuh Rupiah Tujuh Puluh Tiga Sen) dengan capaian sebesar 13,36 %.

Kemudian kata Darwis, jumlah belanja daerah pada Tahun Anggaran 2021 berdasarkan Laporan Realisasai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Sebesar Rp.1.427.873.898.426,00 (Satu Triliun Empat Ratus Dua Puluh Tujuh Milyar Delapan Ratus Tujuh Puluh Tiga Juta Delapan Ratus Sembilan Puluh Delapan Ribu Empat Ratus Dua Puluh Enam Rupiah) dan Realisasi Belanja Kabupaten Bengkayang Tahun 2021 sebesar Rp. 985.418.241.534,18 (Sembilan Ratus Delapan Puluh Lima Milyar Empat Ratus Delapan Belas Juta Dua Ratus Empat Puluh Satu Ribu Lima Ratus Tiga Puluh Empat Rupiah Delapan Belas Sen) dengan capaian sebesar 69,01%. 

Adapun jenis Belanja Dalam Laporan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah terdiri dari 2 (dua) jenis yaitu :

a. Belanja Tidak Langsung, adapun Anggaran Belanja tidak langsung Tahun Anggaran 2021 sebesar Rp. 637.585.526.890,00 (Enam Ratus Tiga Puluh Tujuh Milyar Lima Ratus Delapan Puluh Lima Juta Lima Ratus Dua Puluh Enam Ribu Delapan Ratus Sembilan Puluh Rupiah) dengan Realisasi sebesar Rp. 598.448.413.426,18 (Lima Ratus Sembilan Puluh Delapan Milyar Empat Ratus Empat Puluh Delapan Juta Empat Ratus Tiga Belas Ribu Empat Ratus Dua Puluh Enam Rupiah Delapan Belas Sen dengan capaian sebesar 94% yang diperoleh dari Belanja Pegawai, Belanja Belanja Hibah, Belanja Bantuan Sosial, Belanja Tidak Terduga, Belanja Bagi Hasil dan Belanja Bantuan Keuangan. 

b. Belanja Langsung, adapun Anggaran Belanja Langsung Tahun Anggaran 2021 sebesar Rp. 790.288.371.536,00 (Tujuh Ratus Sembilan Puluh Milyar Dua Ratus Delapan Puluh Delapan Juta Tiga Ratus Tujuh Puluh Satu Ribu Lima Ratus Tiga Puluh Enam Rupiah) dengan Realisasi sebesar Rp. 386.969.828.108,00 (Tiga Ratus Delapan Puluh Enam Milyar Sembilan Ratus Enam Puluh Sembilan Juta Delapan Ratus Dua Puluh Delapan Ribu Seratus Delapan Rupiah) dengan capaian sebesar 49 % yang diperoleh dari Belanja Barang dan Jasa, Belanja Modal Tanah, Belanja Modal Peralatan dan Mesin, Belanja Modal Gedung dan Bangunan, Belanja Modal Jalan, Jaringan dan Irigasi dan Belanja Modal Aset Tetap lainnya.

Sementara itu, untuk urusan wajib dan urusan pilihan serta fungsi penunjang urusan pemerintahan sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, telah dilaksanakan oleh perangkat daerah Kabupaten Bengkayang yang telah ditetapkan dengan Peraturan Daerah Kabupaten Bengkayang Nomor 11 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Bengkayang (Lembar Daerah Kabupaten Bengkayang Tahun 2016 Nomor 11, Tambahan Lembaran Daerah Kabupaten Bengkayang Nomor 11) sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Bengkayang (Lembaran Daerah Kabupaten Bengkayang Tahun 2019 Nomor 1, Tambahan Lembaran Daerah Kabupaten Bengkayang Nomor 1). Perangkat Daerah Kabupaten Bengkayang Berjumlah 42 (Empat Puluh Dua) yang terdiri dari : 2 (Dua) Sekretariat, 1 (Satu) Inspektorat, 16 (Enam Belas) Dinas, 6 (Enam) Badan dan 17 (Tujuh Belas) Kecamatan.

Melalui berbagai program dan kegiatan strategis yang dilaksanakan, telah banyak capaian pembangunan dan hal-hal positif yang diraih oleh Pemerintah Kabupaten Bengkayang. Pada tahun 2021 Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menganugrahkan KALPATARU kepada salah satu tokoh masyarakat Kabupaten Bengkayang, hal ini merupakan penghargaan tertinggi bagi penyelamatan lingkungan hidup di Indoesia yang diterima oleh Kabupaten Bengkayang. Selain itu Kabupaten Bengkayang juga memperoleh juara 2 (dua) dalam event anugrah pesona Indonesia award.

Prestasi-prestasi ini menunjukkan kepada kita bahwa pada bidang pariwisata kita tidak kalah saing dengan kabupaten lain pada tingkat nasional, hal ini hendaknya menjadi motivasi kita bersama untuk lebih meningkatkan destinasi wisata yang ada di daerah dan terus memaksimalkan dan mengaktifkan bumdes yang ada di seluruh desa di Kabupaten Bengkayang,” tegasnya.

Pencapaian program pembangunan yang baik pada urusan kesehatan tahun 2021 yaitu peningkatan persentase balita gizi buruk/stunting yang mendapatkan perawatan/pelayanan kesehatan mencapai 100 %, pada urusan pemberdayaan masyarakat desa peningkatan persentase pengentasan desa tertinggal sebesar 25,8 %. Pada urusan administrasi kependudukan dan catatan sipil persentase

penduduk berumur dari 17 tahun ke atas yang mempunyai KTP elektronik mencapai 84 % yang mana saat ini dinas kependudukan dan pencatatan sipil mendatangkan langsung operator E-KTP di kecamatan maupun desa yang ada di Kabupaten Bengkayang.

Meskipun demikian kata Darwis, dengan beragam kondisi dan kendala yang harus dihadapi, disadari pula bahwa masih terdapat hal-hal yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan kembali dari capaian pembangunan tersebut agar terus menjadi lebih baik di tahun-tahun berikutnya. Saya juga mengharapkan adanya inovasi-inovasi pada seluruh pelaksana urusan-urusan pemerintahan yang berkaitan dengan pelayanan dasar dan non pelayanan dasar yang melekat pada bidang bidang urusan seluruh perangkat daerah di Kabupaten Bengkayang agar kedepannya penyelenggaraan pemerintahan daerah Kabupaten Bengkayang dapat lebih baik.

Pada saat memasuki awal tahun pertama kepemimpinan saya bersama dengan Drs. Syamsul Rizal yang mana bersamaan dengan tingginya pandemi covid-19 di Kabupaten Bengkayang, sehingga kita harus bekerjasama pada tahap pemulihan ekonomi yang berdampak pada seluruh lapisan masyarakat, tahap pemulihan ini merupakan upaya mengatasi pandemi covid-19 di daerah agar kondisi kesehatan masyarakat terus membaik, dengan kondisi kesehatan masyarakat yang baik merupakan prasyarat untuk pemulihan ekonomi daerah. 

Pandemi memang telah banyak menghambat laju pertumbuhan ekonomi, tetapi pandemi tidak boleh menghambat proses reformasi struktural perekonomian kita. Oleh karena itu, arah pembangunan pada tahun pertama ini selain pembangunan Infrastruktur juga fokus pada upaya perbaikan kesehatan masyarakat, dimana sudah dilakukan percepatan penyediaan Infrastruktur dasar dan perbaikan tata kelola pemerintahan. Tahap ini membutuhkan upaya maksimal terutama dari aspek regulasi daerah, perencanaan dan penganggaran.

Tak ketinggalan juga, Percepatan penyediaan Infrastruktur dasar mengharuskan ketersediaan anggaran yang relatif besar, mengingat adanya perlambatan pembangunan Infrastruktur selama pandemi di tahun 2020-2021. 

Percepatan Pembangunan Infrastruktur memiliki peran strategis sebagai prasyarat untuk menarik investasi dan mendorong kembali normalisasi pertumbuhan ekonomi di sekitar angka 5 persen hingga tahun 2026.

Banyak kajian yang telah membuktikan bahwa Infrastruktur berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dimana pertumbuhan ketersedian Infrastruktur yang mencukupi yang mengarah pada pada terwujudnya sinergi antara pembangunan Infrastruktur dengan perbaikan tata kelola pemerintahan daerah yang akan membantu pemantapan pemulihan ekonomi daerah.

Perlu saya sampaikan, juga bahwa saat ini pemerintah Kabupaten Bengkayang sudah bekerja sangat maksimal sehingga beberapa capaian yang kita peroleh tentunya boleh membuat kita berbangga karena kita mampu bersaing dengan daerah-daerah lainnya. 

Adapun capaian kinerja makro Kabupaten Bengkayang yang meliputi indeks pembangunan manusia saat ini mencapai 68,04 % dibandingkan tahun sebelumnya hanya sebesar 67,87 %, adapun angka kemiskinan Kabupaten Bengkayang mengalami penurunan sebesar 6,48 % dan pertumbuhan ekonomi meningkat sebesar 4,33 %.

Pada urusan pekerjaan umum pembangunan infrastruktur untuk jalan kabupaten bengkayang dalam kondisi mantap saat ini mencapai 53,44 %, Persentase rumah tangga pengguna air minum melalui SPAM jaringan perpipaan dan buka jaringan perpipaan terlindungi terhadap rumah tangga di seluruh kabupaten sebesar 60,62 %, rasio luas daerah irigasi kewenangan Kabupaten yang dilayani oleh jaringan irigasi sebesar 56,2 % yang mana capaian sebelumnya hanya sebesar 1 %.

Terkait hal tersebut, hasil capaian pembangunan pada Tahun Anggaran 2021 yang telah diperoleh oleh Pemerintah Kabupaten Bengkayang merupakan keberhasilan dan kerja keras dari semua pihak dan komitmen bersama dalam membangun Kabupaten Bengkayang. Peran serta dukungan Forkopimda, DPRD, Perangkat Daerah Kabupaten Bengkayang, seluruh stakeholder dan masyarakat maka seluruh program pembangunan selama tahun 2021 dapat terlaksana dengan baik. Oleh karena itu saya patut menyampaikan apresiasi, terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tinggi kepada kita semua yang telah ikut serta mendukung dan bekerja bersama selama tahun 2021 semoga sinergitas dan koordinasi yang baik tetap terjalin demi kemajuan dan suksesnya program pembangunan Kabupaten Bengkayang.

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan dalam mengantar penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) atas penyelenggaraan pemerintahan pada tahun anggaran 2021. Pidato yang saya sampaikan ini hanya bersifat garis besar dan untuk keterangan lebih lanjut dan secara terperinci kiranya dapat ditelaah melalui dokumen Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Bengkayang Tahun 2021 yang telah disampaikan sebelumnya.

Sebagai penutup pidato ini, saya ingin menyampaikan bahwa kita tentunya telah memahami bahwa hasil-hasil pembangunan Kabupaten Bengkayang yang telah dicapai merupakan bagian dari pembangunan berkelanjutan yang telah dilaksanakan pada waktu sebelumnya. Demikian pula halnya dengan capaian yang telah diperoleh pada tahun 2021 dengan sendirinya pula akan menjadi sebuah titik banding (benchmark) baru bagi pembangunan selanjutnya.

Pada kesempatan yang baik ini guna mencapai hasil yang lebih baik ke depan, kami selaku pemerintah daerah sangat mengharapkan dukungan dan partisipasi aktif dari berbagai pihak, baik elemen pemerintahan pada setiap level pemerintahan termasuk lembaga legislatif, para stakeholder dan seluruh komponen masyarakat Kabupaten Bengkayang lainnya, agar secara bersama-sama dengan pemerintah dapat saling bahu membahu membangun Kabupaten Bengkayang menjadi lebih maju lagi sehingga visi untuk Kabupaten Bengkayang Maju, Mandiri, Sejahtera dan Berdaya Saing Ditopang Pemerintahan Yang Bersih dan Terbuka” dapat kita capai.

Semoga laporan atas Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang disampaikan kepada Dewan yang terhormat ini dapat menjadi bahan evaluasi dan masukan bagi Pemerintah Daerah dalam melaksanakan program prioritas yang telah kita sepakati.

Evaluasi dan masukan yang membangun, yang tertuang di dalam rekomendasi Dewan sangat kami harapkan, karena melalui hal yang demikian, kami dapat mengetahui dan mengambil langkah langkah perbaikan, sehingga penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah, pelaksanaan tugas pembantuan dan pelaksanaan tugas umum Pemerintahan pada tahun berikutnya dapat terlaksana dengan lebih baik.

Akhirnya, tak henti-hentinya juga saya mengingatkan kepada kita semua untuk tetap selalu mematuhi protokol kesehatan dan ingat 5 (lima) M, mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas, karena pada saat ini covid-19 varian omicron sedang meningkat di daerah-daerah.

Dengan segala kerendahan dan ketulusan hati, kami Bupati Bengkayang sebagai manusia biasa tentunya tidak luput dari kesalahan, kelemahan dan keterbatasan. Namun demikian, kami telah berusaha semaksimal mungkin untuk membangun kerjasama dengan semua pihak, guna mewujudkan visi dan misi daerah melalui berbagai kebijakan dan program pembangunan daerah.

Sebelum saya mengakhiri pidato ini, pada kesempatan yang berbahagia ini Perkenankan juga saya menyampaikan ucapan terima kasih, dan penghargaan kepada seluruh Pimpinan dan Anggota Dewan yang terhormat atas dukungan dan kerjasama yang telah dibangun selama ini. Semoga dukungan yang telah diberikan tersebut, mendapatkan rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa, karena dukungan yang telah diberikan tersebut pada hakekatnya adalah bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan Kabupaten Bengkayang.

Kepada rekan-rekan FORKOPIMDA, saya ucapkan terima kasih dan penghargaan atas saran, bantuan dan kerjasama yang diberikan selama ini. Ucapan yang sama, juga saya sampaikan kepada pimpinan organisasi masyarakat, politik, tokoh/pemuka agama, insan pers dan seluruh masyarakat di daerah ini.

Tak lupa, saya sampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Pimpinan dan Staf Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Bengkayang atas dukungan dan dedikasinya, serta seluruh Pimpinan Instansi Vertikal dan para Camat, Lurah dan Kepala Desa seKabupaten Bengkayang, yang telah bersama-sama dan berpartisipasi aktif di dalam menyelenggarakan pemerintahan daerah.

Terima kasih atas perhatian dan kesabaran saudara sekalian yang hadir untuk mengikuti penyampaian laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati Bengkayang Tahun Anggaran 2021,” tutupnya 

Acara LKPJ Bupati Bengkayang ini dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua dan Para Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bengkayang, Wakil Bupati Bengkayang, Rekan-rekan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Bengkayang, Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkayang, Para Pejabat Tinggi Pratama Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkayang, Para Pejabat Administrator Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkayang, Para Pimpinan Instansi Vertikal di Wilayah Kabupaten Bengkayang dan Para Insan Pers. (Mardi)

Leave a Reply

Your email address will not be published.