BERITA  

Sigap Karhutla, Babinsa Koramil Sungai Pinyuh Kendalikan 2 Titik Panas di Desa Galang

MEMPAWAH, infodesaku.com – Dalam rangka meningkatkan pengawasan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah teritorialnya, Kodim 1201/Mph melalui Babinsa Koramil 02/Sungai Pinyuh, Sertu M Gufron, bersama lima rekan anggota, melakukan patroli dan pengecekan di dua titik panas (hotspot) yang berada di Desa Galang, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Minggu (27/03/2022).

Dalam keterangan persnya, Sertu Ghufron mengatakan, adapun kegiatan patroli dan pengecekan hotspot itu dilakukan sebagai langkah antisipatif pengendalian karhutla yang didasari atas informasi aplikasi Lapan dengan sumber: 109.11476389666667, dimana telah ditemukan adanya titik api di wilayah binaan.

“Adapun setelah dilakukan patroli pengecekan hotspot di seputaran lokasi, ditemukan lahan terbakar dan bekas terbakar. Luas lahan tersebut kurang Lebih 1 hektare, dengan jenis tanah gambut belukar. Untuk asal api belum diketahui. Kondisi api masih dalam pengawasan. Sementara pemilik lahan juga belum diketahui,” jelasnya.

Lebih lanjut, Sertu Ghufron menyampaikan, selain melakukan patroli, pihaknya juga melakukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat, agar tidak membuka lahan dengan cara membakar, terlebih pada saat musim kemarau yang dinilai sangat rawan akan terjadinya karhutla.

Ia juga menegaskan, barangsiapa yang dengan sengaja membakar lahan dan hutan dapat dikenakan sanksi pidana.

“Dan jika terjadi karhutla kami minta masyarakat dapat melakukan koordinasi atau melaporkan segera ke pihak Babinsa dan Babinkamtibmas atau dengan Aparatur Desa,” terangnya.

Sementara itu, di tempat lain, Kepala Desa Galang, Rasidi mengucapkan terimakasih kepada Anggota Koramil yang sudah membantu melakukan sosialisasi serta pengecekan hotspot di lokasi kebakaran hutan dan lahan di wilayahnya.

“Ini langkah terbaik sebagai upaya pengendalian karhutla dengan mengedepankan upaya pencegahan yang harus dilakukan sejak dini, sebelum kebakaran terjadi meluas,” ucap Rasidi. (1201-02/Pendim 1201-Mph/Rilis/FikA)

Exit mobile version