BERITA  

Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Kalbar Beri Penyuluhan Poklahsar ke Desa Goa Boma

BENGKAYANG, infodesaku.com – Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Kalbar melakukan kunjungan sekaligus penyuluhan Poklahsar (Kelompok Pengolah dan Pemasaran) pada Kelompok Mina Rezeki di Desa Goa Boma, Kecamatan Monterado, Kabupaten Bengkayang, Senin tanggal 14 Maret 2022. 

Kegiatan ini berlangsung dengan baik dan dihadiri kurang lebih 20 peserta. Hadir pula para penyuluh perikanan dari Kecamatan Monterado, Samalantan dan Lembah Bawang. Kemudian hadir pula, Mita sebagai PPL Desa Goa Boma, Heru Kriswanto dan jajarannya.

Tak hanya itu, dengan adanya kunjungan dari dinas ini, para pelaku UKM pun terlihat antusias untuk menyimak paparan-paparan yang disampaikan.

Iskandar Zulkarnain dari Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Kalbar dalam kesempatan itu menyampaikan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk identifikasi Poklahsar dalam rangka meningkatkan perekonomian dan lapangan kerja bagi masyarakat desa.

Subandrio selaku Ketua Poklahsar menyampaikan, bahwa pengolahan kerupuk dan rengginang masih dilakukan secara tradisional, sehingga pihaknya memerlukan alat yang memadai.

“Adapun ibu-ibu pelaku UKM sangat berharap mereka bisa menjual dagangannya dengan mudah. Adapun alat pengolahan yang belum dan akan diajukan berupa freezer, mikser dan lain-lain yang bisa menjadi penunjang kegiatan UKM,” katanya.

Madi Iskandar menyampaikan, “Kami jawab salah satu pelaku UKM diterangkan oleh dinas bahwa semua kebutuhan tersedia di dinas asalkan ada usulan dari Poklahsar”.

Sementara itu, Kepala Desa Goa Boma, Amdan memberikan saran kepada pelaku UKM agar tetap serius untuk terus mengembangkan usahanya, sehingga bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat di Desa Goa Boma.

“Dan saya selaku kepala desa sangat mendukung serta berterimakasih kepada pihak Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Kalimantan Barat yang sudah bisa datang di desa kami ini dan serta memberikan edukasi terkait dengan adanya penyuluhan ini,” tutupnya. (Sumardi)

Exit mobile version