BERITA  

Di Momen HUT ke-20, AMPG Kota Singkawang Lebih Memilih Kebersamaan dengan Para Korban Banjir

SINGKAWANG, infodesaku.com – Tingginya curah hujan yang mengguyur Kota Singkawang dalam beberapa hari terakhir ini, membuat sejumlah wilayah di kota tersebut mengalami banjir. Hal ini memantik semangat Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) DPD 2 Kota Singkawang untuk melakukan tugas-tugas kemanusiaan, dengan membantu para korban yang terdampak.

Aksi peduli AMPG Kota Singkawang ini juga bertepatan dengan momen perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) AMPG yang ke-20. Dimana dalam kesempatan itu–mulai dari ketua, pengurus hingga para kader, terjun langsung ke lokasi–untuk bertemu dengan masyarakat dan menyerahkan ratusan bantuan berupa paket sembako kepada para korban banjir.

Kepada wartawan Infokalbar.com, Minggu 13 Februari 2022, Ketua AMPG DPD 2 Kota Singkawang, Suhandi, seusai kegiatan sosial kemanusiaan tersebut mengatakan, curah hujan yang relatif tinggi dalam beberapa hari belakangan ini memang telah membawa dampak banjir di hampir keseluruhan kelurahan atau pun kecamatan di Kota Singkawang.

“Kami AMPG Kota Singkawang, hari ini 13 Februari 2022, menyalurkan bantuan berupa paket sembako telur dan bahan makanan lainnya, di titik-titik yang terdampak banjir, seperti di lokasi Bukit Batu, terus di Jalan Kalimantan, di Condong, Sekip Lama, kita membantu korban banjir tersebut,” ujarnya.

“Alhamdulillah, untuk hari ini kita telah menyalurkan 200 bantuan paket sembako, semoga bantuan dari kami, Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) DPD 2 Kota Singkawang ini, bisa sedikit meringankan beban masyarakat Kota Singkawang, khususnya yang terdampak banjir,” tambahnya.

Suhandi mengharapkan agar banjir segera surut, mengingat beban ekonomi masyarakat menjadi lebih bertambah dengan adanya terpaan pandemi Covid-19 saat ini.

“Jadi untuk masyarakat yang terdampak banjir, selalu tetap menjaga kesehatan. Masyarakat itu perlu sekali bantuan-bantuan, oleh karenanya kita yang selaku organisasi Kota Singkawang perlu peduli akan hal dan masalah yang menimpa masyarakat, seperti yang dialami oleh masyarakat yang terdampak banjir ini,” jelas Suhandi.

Di tempat yang sama, Sekretaris AMPG DPD 2 Kota Singkawang, Lukmanul Hakim menyampaikan, adapun bantuan yang diserahkan kepada masyarakat ini merupakan kumpulan donasi yang dihimpun dari para pengurus, para kader AMPG dan juga rekan-rekan Partai Golkar, serta pula donasi dari Anggota DPRD Kalbar dari Partai Golkar, Edy R Yacoub.

“Termasuk tadi ada donasi dari Anggota DPRD Provinsi Kalbar, Fraksi Partai Golkar, Bapak Edy R Yacoub. Kami pun mengucapkan terimakasih kepada beliau yang telah ikut serta dalam memberikan sebagian rezekinya kepada kita–untuk kita salurkan ke masyarakat Kota Singkawang yang terkena musibah banjir,” ujar pria yang akrab disapa Lukman itu.

Lebih lanjut, Lukman yang juga merupakan pengusaha muda Kota Singkawang ini menyampaikan, titik-titik bantuan yang disebar pihaknya tersebut, memang merupakan wilayah ‘langganan’ banjir sejak dahulu.

“Tadi kami juga sudah menyisir di empat titik, yaitu seperti Bukit Batu, Sekip Lama, Condong dan juga di Jalan Kalimantan, khususnya di Kecamatan Singkawang Tengah, dan ada satu masyarakat yang terkena musibah banjir sangat menyentuh dan memprihatinkan, yang kami lihat untuk rumah kediaman Bang Azis, yang mana orang tuanya itu mengalami penyakit lumpuh total, tidak bisa bangun sama sekali, hanya bisa berbaring di tempat tidur saja, dan rumahnya pun sangat dalam sekali banjirnya,” katanya.

“Rumahnya pun gubuk, yang mana anak-anaknya juga terkena stroke, kami sangat prihatin sekali, jadi saya ingin dan berharap rekan-rekan yang lainnya seperti organisasi-organisasi pemuda maupun organisasi-organisasi yang lainnya yang ada di Kota Singkawang mau ikut serta bersama-sama kita memperhatikan  rumah kediaman Bang Azis yang terletak di Jalan Kalimantan, Gang Iklas,” sambung Lukman.

“Disitu terdapat emang ada orang tua lumpuh dan anaknya juga banyak, cucunya juga baru melahirkan, juga baru 8 hari mereka tinggal di satu rumah gubuk yang sangat memprihatinkan, di tambah lagi terkena musibah banjir,” jelas Lukman lagi. 

Dari pihak AMPG DPD 2 Golkar Kota Singkawang, kata Lukman, sebenarnya sudah menawarkan agar keluarga Azis sebaiknya dievakuasi ke tempat yang lebih aman dari banjir. Namun yang bersangkutan belum bersedia.

“Tadi kami juga telah menawarkan untuk dievakuasi dan beliau masih belum mau. Untuk itu saya selaku Sekretaris AMPG DPD 2 Golkar Kota Singkawang juga berharap kepada Pemerintah Kota Singkawang khususnya, untuk memperhatikan serta sigap untuk menangani banjir, terutama mereka yang memang sangat membutuhkan, karna mereka memang sudah tidak bisa bekerja selama banjir ini,” ujar Lukman.

Tak hanya itu, bahkan terdapat beberapa warga yang tidak sempat melakukan evakuasi terhadap barang-barang miliknya, karena keburu hanyut terbawa banjir.

“Bahkan ada yang tak sempat terevakuasi semua harta bendanya, karena sudah hanyut. Jadi kami juga berharap, mohon segera pemerintah khususnya Pemerintah Kota Singkawang memberikanlah bantuan, mengumpulkan donasi untuk diberikan kepada masyarakat. Sementara ini yang mereka butuhkan seperti bahan makanan, selimut baju dan kalau memang pemerintah bisa menginstruksikan kepada kami, kami siap untuk berkolaborasi segera untuk membantu,” ungkap Lukman.

Sementara itu, Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat dari fraksi Partai Golkar, Edy R Yacoub, saat dikonfirmasi wartawan Infokalbar.com melalui telepon WhatsApp menyatakan rasa keprihatinannya kepada masyarakat Kota Singkawang yang terdampak musibah banjir. Untuk itu, Edy pun mendukung penuh kegiatan sosial yang dilakukan oleh AMPG DPD 2 Kota Singkawang tersebut.

“Saya selaku Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat dari fraksi Partai Golkar, saya juga ikut mendukung kegiatan dan upaya AMPG Kota Singkawang untuk memberikan bantuan dalam rangka meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir, karena ini merupakan satu kepedulian kita kepada masyarakat Kota Singkawang yang terdampak banjir, yang artinya harus kita dukung untuk meringankan beban masyarakat, karena itu merupakan hal yang positif dari anak-anak AMPG Kota Singkawang dalam membantu masyarakat yang terdampak banjir,” terangnya.

Edy turut berharap, banjir yang terjadi di beberapa kawasan di Kota Singkawang tidak berlangsung lama. Menurutnya, sumber banjir ini tak hanya dikarenakan faktor curah hujan saja, namun ada pula air ‘kiriman’ dari daerah lain yang masuk ke Kota Singkawang.

“Artinya, airnya itu sumbernya banjir bukan hanya hujan saja, ada air kiriman dari daerah lain yang masuk ke Kota Singkawang. Semoga Banjir ini tidak berlangsung lama, air bisa cepat surut sehingga masyarakat yang ditampung di tempat-tempat penampungan bisa kembali ke rumah masing-masing dan dapat melakukan aktivitas seperti biasa,” tuturnya.

Lebih jauh, Edy juga berharap, agar Pemkot Singkawang lebih responsif, dalam artian dapat segera tanggap terhadap persoalan-persoalan banjir yang dihadapi oleh masyarakat. Selain itu, Edy juga meminta agar Pemkot Singkawang dapat menyelesaikan ‘persoalan hulu’ dari musbah ‘banjir langganan’ ini.

“Kita harapkan pemerintah harus melihat di seluruh kawasan yang terdampak atau terkena musibah banjir ini, daerah-daerah mana yang rawan banjir serta yang terjadi pengungsian. Oleh karena itu pemerintah harus tanggap lah kepada persoalan-persoalan seperti ini,” ujarnya.

Di penghujung wawancaranya dengan wartawan Infokalbar.com, Edy turut menyampaikan ucapan terima kasih kepada media Infokalbar.com–lantaran telah memberitakan aspirasi masyarakat terkait musibah banjir, serta bakti sosial yang dilakukan AMPG DPD 2 Kota Singkawang dan Partai Golkar.

Ia berharap, dengan adanya pemberitaan ini, dapat mengetuk pintu hati nurani para donatur untuk bisa ikut atau bersedia memberikan bantuannya kepada saudara-saudara sebangsa yang tengah dalam kesusahan.

“Terakhir, kepada media Infokalbar.com, kami juga mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya,” tutup Edy. (Indra)

Leave a Reply

Your email address will not be published.