BERITA  

Rawan Banjir, Wacana Relokasi Kantor Desa Nekginap Dinilai Jadi Opsi yang Terbaik

BENGKAYANG, infodesaku.com – Akibat diguyur hujan deras, Kantor Desa Nekginap di Kecamatan Monterado, Kabupaten Bengkayang tergenang luapan air, pada Kamis (10/02/2022).

Desa Nekginap terletak di wilayah bagian timur Kecamatan Monterado. Desa Nekginap memiliki wilayah administratif seluas 1.880,648 Ha. Dilihat dari topografi dan sungai, ketinggian tanahnya didominasi oleh wilayah perbukitan, daratan rendah dan dilalui dua sungai yaitu Sungai Tangku dan Sungai Rancang.

Kepala Desa Nekginap, Marukis, saat dikonfirmasi di lokasi musibah menyampaikan, terjadinya banjir ini diakibatkan oleh curah hujan yang berintensitas tinggi dari sekitar pukul 2 siang hingga malam pada hari Rabu tanggal 9 Februari 2022. Hujan tersebut kemudian berlanjut hingga hari Kamis (10/02/2022).

“Sebenarnya kalau dilihat dari topografis Desa Nekginap ini didominasi perbukitan, namun yang menyebabkan terjadinya banjir atau genangan air adalah disebabkan saluran irigasi kurang lancar,” katanya.

Pada kesempatan itu, Marukis sempat menyinggung rencana pihaknya yang akan merelokasi kantor desa ke tempat yang lebih aman atau bebas dari bencana banjir.

“Untuk itu, karena kantor desa tersebut harus digunakan dengan jangka panjang, maka oleh sebab itu harus dibutuhkan tempat yang strategis, dataran tinggi, tentunya agar kantor terhindar dari bencana banjir,” terangnya.

Senada dengan itu, Ketua BPD Nekginap, Hekulanus turut membenarkan, bahwa posis kantor desa saat ini terlalu rendah datarannya bila dibandingkan dengan tempat tempat lainnya, sehingga mudah tergenang air.

Herkulanus pun menyampaikan, BPD sepaham dengan wacana relokasi kantor desa yang disampaikan oleh kepala desa.

“Bahwa kantor desa agar segera dipindah ke lahan atau tempat yang strategis agar terhindar dari banjir atau genangan air,” ujarnya. (Rilis/Reancius/Tasya)

Leave a Reply

Your email address will not be published.