BERITA  

Jangan Sampai Ketinggalan! Ikuti Pelatihan Video Jurnalistik dan Multimedia Bagi Perangkat Desa dan Kelurahan

KALBAR, infodesaku.com – Pendaftaran Pelatihan Video dan Multimedia Jurnalistik Tahun 2022 untuk wartawan, staf humas kantor pemerintahan dan swasta, perangkat desa serta kelurahan sudah dibuka sejak akhir Desember 2021 lalu. 

Pemateri pada pelatihan ini terdiri dari 11 wartawan senior berpengalaman di bidangnya. Diantaranya: Jimmy H Wibowo eks Kameramen senior RCTI, Hernando dari RCTI, Jimmy Chandra dari CNN Indonesia, Umar Bahanan dari Rajawali TV, Chaidar Sulaiman dari Global TV, Harwin Brams eks wartawan senior RCTI, Yaskur Jamhur eks wartawan RCTI dan ANTV, Tri Aji Nugroho dari TV One, dan Heintje Mandagie eks Pemimpin Redaksi TV 5D dan Wapemred Pacific TV. 

Dua orang pembicara tamu yang juga memiliki segudang pengalaman di bidang broadcasting turut pula dihadirkan. Keduanya yaitu Maikel Chandra, eks presenter berita senior dari RCTI dan kini aktif di Rajawali TV dan Mega Novelia. 

Maikel Chandra akan memberi materi tentang public speaking dan teknik wawancara. Sementara Mega Novelia, eks wartawan dan presenter di sejumlah televisi nasional, seperti RCTI, MNC TV, Metro TV, SCTV, Global TV, Kompas TV, dan JAK TV akan memberikan materi tentang presenting dan public speaking

Kedua pembicara tamu juga akan memaparkan materi khusus mengenai teknik menyampaikan laporan langsung di lapangan. 

Khusus bagi peserta yang berasal dari perangkat desa dan staf humas, akan dilatih kiat melayani atau menghadapi wartawan. Pelatihan ini juga memberikan kesempatan kepada perangkat desa se-Indonesia untuk memperoleh tambahan pengetahuan dasar teknik pengambilan gambar dengan menggunakan kamera handphone ataupun kamera profesional sesuai standar jurnalis televisi. 

Sekaligus juga dilatih tentang cara mengedit video menjadi berita melalui aplikasi di handphone masing-masing. 

Rencananya, kegiatan ini akan diselenggarakan pada 01 s/d 04 Februari 2022 di Hotel Whiz Prime Jakarta. Sedangkan penyelenggara kegiatan yakni  PT Cahaya Pariwara Semesta bekerja sama DPP SPRI. 

Bagi perangkat desa dan kelurahan, pelatihan ini akan sangat bermanfaat. Peserta nantinya bisa memproduksi berita berbasis video yang mampu mengangkat dan menggambarkan potensi sumber daya pedesaan atau kelurahan di berbagai sektor. 

“Sehingga potensi wisata, komoditas pertanian dan peternakan, kerajinan, dan kuliner bisa terpublikasi dalam format video di media sosial, TV Online dan Youtube hingga ke seluruh Indonesia, bahkan mancanegara,” ungkap Hernando, Ketua Panitia yang sehari-hari berprofesi sebagai wartawan senior yang masih aktif bekerja di salah satu TV nasional terbesar di Indonesia. 

Sedangkan untuk staf humas pemerintahan dan swasta, pelatihan ini akan sangat berguna. Peserta akan dilatih memproduksi berita sesuai kebutuhan instansi dalam rangka sosialisasi program kegiatan atau promosi. 

Calon peserta pelatihan akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000.000,-(Lima Juta Rupiah). Biaya tersebut sudah termasuk penginapan hotel, sertifikat, ATK, kaos peserta, dan konsumsi selama pelatihan sampai checkout tanggal 4 Februari 2021. 

Melalui pelatihan ini, para peserta diharapkan akan mampu mengelola website atau konten berita di media online seperti YouTube dan media online. Selain itu peserta dapat menjadi tenaga terlatih di bidang multimedia, untuk mengoperasikan perangkat dalam rangka mengekspos berbagai aktivitas. 

Mengingat tempat terbatas, yang berminat dapat segera mendaftarkan diri melalui link berikut ini :   

https://forms.gle/FMYkgtx2oH5e4Nk36

Pendaftaran akan ditutup pada tanggal 20 Januari 2022 dan penyelesaian administrasi paling lambat tanggal 25 Januari 2022. (Rilis/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published.