Jangan Sampai Salah, Ini Empat Tujuan Pembangunan Desa

  • Share
Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Sekjen Kemendes PDTT) Taufik Madjid. (Istimewa)
Keterangan foto: Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Sekjen Kemendes PDTT) Taufik Madjid. (Istimewa)

JAKARTA, infodesaku.com – Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI, Taufik Madjid, dalam acara Kuliah Online, Akademi Desa, Kamis (19/08/2021), memaparkan empat tujuan dari pembangunan desa.

Pertama, meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup manusia dengan beberapa variabelnya. Kedua, meningkatkan pelayanan publik di desa, pandangan kesejahteraan dari pemerintah pusat dengan perspektif masyarakat lokal harus disinergikan karena sering terjadi kesenjangan antara pandangan pemerintah dengan masyarakat.

“Contoh di Baduy, dana desa adalah dana yang diperuntukkan sebagai afirmasi, alat filosofinya jelas sebagai rekognisi negara kepada desa, tapi Baduy belum tentu mau diintervensi dengan pembangunan apapun. Itu harus kita hargai,” jelasnya, seperti dikutip dari Portal Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi.

Tujuan pembangunan desa yang ketiga, yakni penanggulangan kemiskinan. Pembangunan desa dikatakan berhasil, kata dia, apabila terjadi penurunan angka kemiskinan dan kesenjangan sosial di masyarakat.

Tujuan pembangunan desa yang terakhir, ialah menjadikan warga desa sebagai subyek pembangunan.

“Ini ada empat hal yang diatur, kemudian muncul dengan pelayanan dasar, infrastruktur dasar, sarana dan prasarana, air, listrik. Ini harus hadir,” jelasnya.

Sebelumnya, Taufik menyampaikan bahwa saat ini warga desa telah diberikan kepercayaan dan kesempatan untuk mengurus yang menjadi kewenangannya. Dengan begitu kesempatan desa untuk lebih maju dan sejahtera sangat bergantung pada warga desa itu sendiri.

“Tugas Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Kabupaten Kota, bahkan di level Kementerian hanya memfasilitasi dan berfungsi sebagai pembina,” katanya. (FikA)

  • Share
Exit mobile version