banner 728x250

PNS Kini Bisa Ajukan Izin Belajar dan Tugas Belajar, Berikut Panduannya

  • Share
banner 468x60

JAKARTA, infodesaku.com – Pegawai Negeri Sipil (PNS) saat ini bisa melanjutkan kuliah untuk meningkatkan kompetensi melalui pendidikan formal. PNS bisa mengajukan “Tugas Belajar” atau pun “Izin Belajar”. 

Dilansir dari Detik.com, Kamis (19/08/2021), disadur dari laman resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), syarat dan prosedur keduanya sedikit berbeda.

Syarat dan Prosedur Pengajuan Tugas Belajar PNS

Adapun syarat dan prosedur untuk pengajuan tugas belajar PNS, antara lain: 

  1. Harus memiliki masa kerja minimum 1 (satu) tahun terhitung sejak diangkat sebagai PNS.
  2. Mendapatkan Surat Tugas dari Pejabat yang berwenang.
  3. Biaya pendidikan bersumber dari negara, bantuan pemerintah asing, swasta asing, badan internasional sponsor atau yang lain.
  4. Dibebaskan dari jabatan struktural dan dibebaskan sementara dari jabatan fungsional.
  5. Tidak sedang menjalani Hukuman Disiplin tingkat sedang atau berat.
  6. Program studi akreditasi Universitas yang dituju minimal B.

Sementara untuk syarat usia PNS yang ingin mengajukan tugas belajar terdiri dari beberapa ketentuan berdasarkan jenjang pendidikan yang ingin ditempuh, yakni:

  1. Maksimal berumur 25 Tahun untuk program DI, DII, DIII dan S1 atau setara namun untuk daerah 3T (Tertinggal. Terluar. Terpencil) atau jabatan yang sangat diperlukan usia maksimum 37 tahun.
  2. Maksimal berumur 37 tahun untuk program S2 atau setara namun untuk daerah 3T atau jabatan yang sangat diperlukan usia maksimum 42 tahun.
  3. Maksimal berumur 40 tahun untuk program S3 atau setara namun untuk daerah 3T atau jabatan yang sangat diperlukan usia maksimum 47 tahun.

Adapun untuk jangka waktu pelaksanaan Tugas Belajar terdiri dan program D1 paling lama 1 20 (satu) tahun, DII paling lama 2 (dua) tahun. DIll paling lama 3 (tiga) tahun, S1/DIV paling lama 4 (empat) tahun, program 52 atau setara paling lama 2 (dua) tahun, dan program S3 atau setara paling lama 4 (empat) tahun.

Jangka waktu pelaksanaan Tugas Belajar tersebut dapat diperpanjang paling lama 1 (satu) tahun dengan persetujuan Instansi.

Namun apabila setelah diberikan perpanjangan 1 tahun tetapi belum bisa menyelesaikan, maka diberikan perpanjangan kembali paling lama 1 (satu) tahun dengan status menjadi Izin Belajar.

Syarat dan Ketentuan Izin Belajar PNS

Sama halnya dengan tugas belajar, skema izin belajar untuk PNS juga mensyaratkan beberapa ketentuan, diantaranya:

  1. PNS yang memiliki masa kerja minimal 1 (satu) tahun terhitung sejak diangkat sebagai PNS, mendapatkan persetujuan tertulis dari Pejabat berwenang di Instansi
  2. Tidak sedang menjalani Hukuman Disiplin tingkat sedang atau berat, tidak pernah melanggar kode etik sebagai PNS tingkat sedang atau berat.
  3. Tidak sedang menjalani pemberhentian sementara sebagai PNS.
  4. Pendidikan yang ditempuh harus dapat mendukung pelaksanaan tugas jabatan di organisasi.
  5. Program pendidikan yang ditempuh minimal terakreditasi B. (FikA)
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *