banner 728x250

Hadiri HUT RI ke-76, Mendes Halim Kenakan Pakaian Adat Suku Dayak

  • Share
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia secara virtual.
Keterangan foto: Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) RI, Abdul Halim Iskandar saat menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia secara virtual. (Istimewa)
banner 468x60

JAKARTA, infodesaku.com – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) RI, Abdul Halim Iskandar menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia secara virtual.

Dalam kesempatan itu, Halim Iskandar tampak mengenakan baju Bulang Kuurung, yaitu salah satu pakaian tradisional Suku Dayak Kenyah yang mendiami wilayah Kalimantan Timur.

“Mari syukuri dengan mencintai sesama, saling melindungi dan menjaga agar Indonesia segera terbebas dari Covid-19,” pesan Halim Iskandar dalam peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI, Selasa (17/08/2021), sebagaimana dikutip dari Portal Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, Rabu (18/08/2021).

Dalam upacara yang digelar secara hybrid itu, Doktor Honoris Causa dari UNY ini didampingi Wamendes PDTT, Budi Arie Setiadi yang mengenakan busana adat Papua; Sekjen Kemendes PDTT, Taufik Madjid dengan baju khas Maluku Utara; dan pejabat lainnya dengan pakaian tradisional.

Adapun pengenaan pakaian adat ini, dilakukan dengan sengaja untuk menyesuaikan dengan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi)–yang sekaligus sebagai pesan bahwa desa adat menjadi konsen pembangunan di Indonesia.

Dalam kegiatan upacara detik-detik proklamasi di Operation Room Kalibata, Jakarta Selatan tersebut, pria yang karib disapa Gus Halim ini, bersama pejabat Eselon I Kemendes PDTT lainnya tak lupa mengenakan masker.

Para pejabat Kemendes PDTT itu tampak begitu hikmat menyaksikan upacara HUT ke-76 Kemerdekaan RI yang digelar di halaman Istana Merdeka dengan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penularan virus Covid-19.

Sementara itu, Presiden Jokowi yang menjadi Inspektur Upacara juga menggunakan busana adat dari Lampung yang didominasi dengan warna putih dan dibalut kain songket berwarna merah. (FikA)

banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *