banner 728x250

1.831 Desa Ikuti Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, Wamendes: Kunci “Kemenangan” Ada di Anak Muda

  • Share
Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) RI, Budi Arie Setiadi. (Istimewa)
Ketererangan foro: Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) RI, Budi Arie Setiadi. (Istimewa)
banner 468x60

JAKARTA, infodesaku.com – Tidak kurang dari 1.831 desa wisata se-Indonesia mengikuti Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021. Dimana dari 1.831 yang telah terdaftar, kemudian dikurasi menjadi 700 besar, lalu 300 besar, kemudian 100 besar dan saat ini sampai pada tahap kurasi 50 besar desa wisata.

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) RI, Budi Arie Setiadi menyatakan bahwa pihaknya sangat mendukung penuh penganugerahan desa wisata ini. 

Menurutnya, Kemendes PDTT juga mempunyai kepentingan untuk mewujudkan desa-desa wisata sesuai dengan potensi yang dimiliki setiap desa.

“Jadi, terobosan dari Kemenparekraf dalam menggalakkan perhelatan anugerah desa wisata ini memang kita dukung penuh. Kita berharap (penganugerahan desa wisata) ini berlanjut di tahun-tahun berikutnya, apalagi jika Pandemi Covid-19 sudah berakhir,” ujarnya.

Hal itu disampaikan Budi saat memberikan paparan dalam rapat persiapan kurasi penetapan 50 besar peserta Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, di The Westin Jakarta, pada Rabu (18/8/2021), sebagaimana dikutip dari Portal Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi.

Lebih lanjut Budi mengatakan, dengan adanya anugerah desa wisata ini, pastinya akan memunculkan semangat bagi pembangunan desa, khususnya potensi desa berbasis wisata.

Ia meyakini, desa yang maju adalah desa yang mampu mengelola potensi desanya secara maksimal. Selain itu, antusiasme anak muda juga menjadi salah satu kunci sukses dalam pembangunan desa.

“Saya selalu menekankan berkali-kali, kuncinya mesti anak muda, anak muda dan anak muda. Mau desa wisatanya kaya apa pun, kalau tidak ada anak mudanya pasti tidak akan maksimal,” jelasnya.

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 merupakan lomba dari Kemenparekraf yang ditujukan bagi seluruh desa wisata di Indonesia. Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 mengusung tujuh kategori penilaian bagi desa wisata pendaftar, di antaranya kontes CHSE, Desa Digital, suvenir (kuliner, fesyen, kriya), daya tarik wisata (alam, budaya, buatan), konten kreatif, penginapan atau homestay dan kamar kecil (toilet). (FikA)

banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *