banner 728x250

Relawan Desa Lawan Covid-19 Dibentuk dan Diketuai oleh Kades

  • Share
Melawan Covid-19.
Keterangan foto: Melawan Covid-19. (Ilustrasi/Istimewa)
banner 468x60

JAKARTA, infodesaku.com – Dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di desa-desa, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Abdul Halim Iskandar, telah menginstruksikan pembentukan Relawan Desa Lawan Covid-19.

Dikutip dari Portal Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, Selasa (27/07/2021), Menteri Halim menyebutkan bahwa Relawan Desa Lawan Covid-19 ini sendiri dibentuk dan diketuai oleh kepala desa.

“Dalam rangka mencegah dan mengatasi persoalan Covid-19 di desa. Relawan Desa Lawan Covid-19 diketuai oleh kepala desa, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebagai wakil,” ujarnya.

Kemudian, Relawan Desa Lawan Covid-19 ini juga melibatkan sejumlah anggota dari perangkat desa, antara lain: anggota BPD, Kepala dusun atau yang setara, Ketua RT, Ketua RW, pendamping lokal desa, pendamping Program Keluarga Harapan (PKH), pendamping desa sehat, pendamping lainnya yang berdomisili di desa.

Selain itu, anggota Relawan Desa Lawan Covid-19 juga dapat melibatkan tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, karang taruna, PKK, dan Kader Penggerak Masyarakat Desa (KPMD).

Selanjutnya, relawan desa lawan covid-19 juga melibatkan beberapa mitra terkait, seperti Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), Bintara Pembina Desa (Babinsa), dan Pendamping Desa. (FikA)

banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *