Menteri Desa PDTT: Semua Warga yang Terdampak Pandemi Covid-19 Harus Dapat BLT-DD

  • Share
Keterangan foto: Pemberian dana desa difokuskan kepada kebutuhan masyarakat desa. (Ilustrasi/Istimewa)
Keterangan foto: Pemberian dana desa difokuskan kepada kebutuhan masyarakat desa. (Ilustrasi/Istimewa)

JAKARTA, infodesaku.com – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) RI, Abdul Halim Iskandar kembali menekankan kepada para kepala desa, agar semua warga yang terdampak pandemi Covid-19 harus mendapat Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD).

Untuk itu, seperti dikutip dari laman Liputan6.com, Senin (26/07/2021), Halim pun meminta agar para kepala desa dan relawan Desa Lawan Covid-19, rutin memantau warga yang terdampak pandemi virus corona.

“Jangan sampai ada warga desa yang terdampak Covid-19, baik dari sisi ekonomi dan kesehatan yang tidak tertangani,” kata Halim Iskandar dikutip dari siaran pers di situs Sekretariat Kabinet, Jumat (23/7/2021).

Pemerintah, lanjut Halim, telah melakukan berbagai relaksasi untuk mempermudah dan mempercepat proses penyaluran BLT Dana Desa. Bahkan, relaksasi tersebut memungkinkan BLT Dana Desa diberikan secara rapel.

“Kemarin-kemarin BLT Dana Desa hanya bisa disalurkan tiap bulan. Hari ini sudah lebih disederhanakan lagi dan bisa dirapel, sehingga bisa tiga bulan langsung (dicairkan), untuk kemudian diberikan kepada KPM (Keluarga Penerima Manfaat),” paparnya.

Adapun KPM BLT Dana Desa tahun ini merujuk pada data KPM BLT Dana Desa tahun lalu, yang sudah melalui verifikasi ulang. Kendati begitu, Halim tak memungkiri bahwa data KPM tersebut bisa saja berubah sesuai dengan kondisi ekonomi warga di masing-masing desa.

“Data penerima BLT Dana Desa sangat fleksibel. Hari ini bisa saja berkurang, bulan depan bisa saja bertambah karena situasi yang mengharuskan,” ujarnya. (FikA)

  • Share
Exit mobile version