banner 728x250

Wamen Desa PDTT: BUMDes Punya Potensi Besar Berkembang di Tiga Sektor Ini

  • Share
banner 468x60

JAKARTA, infodesaku.com – Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi mengatakan, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) memiliki potensi besar untuk mampu berkembang di tiga sektor unggulan Indonesia, yakni pertanian, perikanan, dan pariwisata.

Menurutnya, tiga sektor inilah yang akan membawa Indonesia bersaing dengan negara-negara lain.

“Secara ekonomi, Indonesia akan bersaing dengan negara lainnya melalui tiga sektor, yakni pertanian, perikanan, pariwisata,” ujarnya seperti dilansir dari Portal Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, Jumat (23/07/2021).

“Tiga sektor ini akan menjadi strong point (titik kuat). Nah tiga-tiganya ini ada di desa,” sambungnya, saat menjadi pembicara pada Diskusi Online terkait Solusi Riset Terapan Vokasi untuk Pembangunan Ekonomi Desa, Jumat (16/07/2021).

Namun demikian, lanjut Wamen Budi Arie, dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) mumpuni untuk dapat memaksimalkan potensi-potensi besar yang dimiliki BUMDes tersebut. Ia mengakui, pengembangan BUMDes di beberapa daerah masih terkendala SDM.

Terkait hal tersebut, kata dia, dibutuhkan penguatan SDM dan pendampingan khusus dari berbagai stakeholder, untuk dapat membantu percepatan pengembangan ribuan BUMDes yang telah terbentuk di Indonesia.

“Masih banyak desa yang belum memaksimalkan potensi-potensi yang ada. Memang kendalanya soal SDM itu tadi,” terangnya.

Selain itu, Budi Arie juga menegaskan pentingnya keterlibatan pemuda dalam berbagai aspek pembangunan di desa. Menurutnya, sebuah desa akan sulit mengalami kemajuan tanpa kehadiran anak muda.

Selain anak muda, terdapat dua kunci lainnya yang harus dimiliki desa untuk dapat berkembang dan maju, yakni SDM yang kreatif/inovatif serta partisipasi aktif seluruh warga.

“Karena desa tanpa anak muda akan sulit untuk maju. Di beberapa daerah anak mudanya sudah nggak ada. Potensi wisatanya besar tapi anak mudanya merantau semua,” katanya. (FikA)

banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *