13 Tempat Wisata Pariaman dan Sekitarnya yang wajib dikunjungi di Akhir Pekannya

4
513
Pulau Angso Duo Pariaman

Berada di Pesisir Barat Pantai Sumatera membuat Kota Pariaman sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara karena kota ini mempunyai pantai-pantai yang sangat bagus serta kulinernya yang sangat khas.

Kota Pariaman adalah salah satu Kota Madya yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, memiliki jarak sekitar 59 Kilometer dari Kota Padang. Kota ini sangat layak dijadikan destinasi wisata unggulan provinsi Sumatera Barat. Berbagai Paket wisata dapat kita kunjungi di daerah ini, mulai dari wisata seni budaya yang selalu mengadakan agenda-agenda internasional , dan wisata kuliner yang memiliki citarasa yang sangat mengagumkan bagi para pengunjungnya.

Sangat menarik untuk kali ini kita membahas tempat-tempat wisata yang ada di Kota Pariaman ini. Berikut kami ulas untuk pengunjung setia blog Anak desa ini:

1. Pantai Gandoriah

Panati Gandoriah Sumber Fot : www.google.com
Panati Gandoriah Sumber Foto : www.google.com

Pantai yang sejatinya dijadikan sebagai icon wisata Kota Pariaman sangatlah cantik dan mempesona dengan kehadiran hamparan biru laut dan pulau-pulau kecil yang ada di seberangnya. Pantai yang berada dipusat kota ini mempunyai arena pasir putih yang sangat landai dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Para wisatawan hanya perlu mengeluarkan uang untuk membeli karcis masuk sebesar Rp 3000,- untuk biaya parkir kendaraan sepeda motor dan Rp 5000,- untuk kendaran roda 4 dan diatasnya.

Sensasi yang sangat mewah yang bisa kita dapatkan dipantai ini adalah ketika menikmati sunset. Jejeran pulau-pulau kecil nan cantik menghiasi suasana dengan indahnya, pulau tersebut yakni Pulau Kasiak, Pulau Angso Duo, Pulau Tangah, Pulau Ujung, Pulau Gosong dan Pulau Bando.

Agenda Nasional dan Internasional dijajakan di Pantai ini, dimulai dari setiap tanggal 10 Muharram pantai ini menjadi salah satu tempat Festival Tabuik yang merupakan tradisi adat didaerah ini, dan dalam event “Tour De Singkarak” Pantai Gandoriah ini selalu mendapat bagian sebagai tempat Start disuatu etape dalam pertandingan.

2. Pantai Cermin

Pantai Cermin Sumber Foto : www.google.com
Pantai Cermin Sumber Foto : www.google.com

Entah kenapa pantai ini dinamakan dengan Pantai Cermin oleh masyarakat sekitar, namun hal yang perlu diketahui oleh para pengunjung bahwa di pantai ini kita bisa melihat hamparan pasir pantai yang keabu-abuan lengkap dengan kehadiran pepohonan pinus yang tersusun sangat indah serta gulungan ombak yang sangat besar yang dapat memuaskan para pengunjung. Pantai ini gak kalah romantisnya dengan pesona sunset yang bisa kita dapatkan di Pantai Gandoriah.

Baca Juga:   Inilah 12 Daftar Wisata Menarik di Dharmasraya Sumatera Barat

3. Pantai Kata

Pantai Kata Sumber Foto : www.google.com
Pantai Kata Sumber Foto : www.google.com

Satu lagi pantai yang sangat cantik dan wajib kita kunjungi jika berpergian ke Kota Pariaman yaitu Pantai Kata. Pantai yang masih alami ini disertai dengan pemandangan yang sangat indah dapat kita jumpai dengan kendaraan bermotor sejauh 5 kilometer dari pusat ibukota, namun untuk ketempat ini kita juga bisa menyewa angkutan kota dengan tarif sebesar Rp 3000,- dan ojek dengan tarif Rp 7000,-. Pesona sunset yang cantikpun dapat kita nikmati jika kita berada dipantai ini.

4. Pantai Belibis

Pantai Belibis Sumber Foto : www.google.com
Pantai Belibis Sumber Foto : www.google.com

Pantai Belibis terletak di daerah Naras 2 Pariaman Utara. Pantai ini tak kalah cantik dengan pantai-pantai yang ada dikota ini. Uniknya, Pantai ini mempunyai dua buah telaga yang sangat cantik, masyarakat sekitar sering menyebutnya dengan Talao. Kabar baiknya, untuk bisa menikmati keindahan pantai ini, pengunjung tidak dikenai biaya apapun.

5. Anai Resort

Anai Resort Sumber Foto : www.google.com
Anai Resort Sumber Foto : www.google.com

Jika anda belum puas menikmati keindahan alam Pariaman ini, Kami Anak Desa menyarankan anda untuk menginap di Anai Resort ini. Anai Resort merupakan salah satu tempat penginapan yang berlatar pengunungan alam yang sangat asri sehingga kesejukan udaranya dapat anda rasakan jika anda menginap di resort ini dan resort ini pun memberikan fasilitas wisata seperti wisata Puncak Anai dengan tiket yang sangat murah yakni sekitar Rp 10.000,- /orang dan wisata Camping Ground dengan biaya Rp 25.000,-/orangnya.

6. Tirta Alami Malibo Anai

Malibo Anai Sumber Foto : www.google.com
Malibo Anai Sumber Foto : www.google.com

Objek ini masih terletak di kawasan Anai resort. Tirta Alami Malibo Anai ini merupakan tempat pemandian alam yang sangat sejuk dan airnya sangat jernih serta dingin. Puas dengan aktivitas sehari-hari, pengunjung dapat melepas penatnya di Kolam Pemandian ini.

Baca Juga:   11 Wisata Premium Kota Padang Sumatera Barat

7. Air Terjun Baburai

Air Terjun Baburai Sumber Foto : www.google.com
Air Terjun Baburai Sumber Foto : www.google.com

Pariaman memang terkenal dengan wisata alamnya, satu lagi wisata alamnya yang sangat terkenal adalah Air Terjun Baburai yang terletak di Nagari Sikucur Padang Pariaman. Air Terjun ini berjarak sekitar 20 Kilometer dari pusat Kota Pariaman dan selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan dikarenakan air terjun ini masih terjaga keasriannya.

8. Air Terjun Nyarai

Air Terjun Ngarai Sumber Foto : www.google.com
Air Terjun Ngarai Sumber Foto : www.google.com

Satu lagi air terjun yang sangat indah didaerah ini, Air Terjun Nyarai masyarakat sekitar memberikan namanya. Air terjun ini terletak dikawasan Hutan Salibutan Kabupaten Padang Pariaman atau berjarak sekitar 31 kilometer dari pusat kota Pariaman.

Air Terjun ini mempunyai kolam renang yang cukup luas, sayang rasanya jika kita berpergian ketempat tidak menceburkan diri dikolam air terjun ini. Ingat guys, karena air terjun ini berada dikawasan hutan, maka jangan lupa persiapkan stamina dan bekalnya jika berpergian ketempat ini guys.

9. Pulau Angso Duo

Pulau Angso Duo Sumber Foto : www.google.com
Pulau Angso Duo Sumber Foto : www.google.com

Tak lengkap jika kita pergi ke pantai namun tidak mengunjungi pulau-pulau kecil di dekatnya. Yaps, Diseberang Pantai Gandoriah, ada terbentang pulau kecil nan indah yaitu Pulau Angso Duo, pulau ini dapat ditempuh selama 20 menit dengan kapal kecil milik nelayan sekitar. Cukup membayar Rp 40.000,- anda akan diantarkan kepulau ini, ini termasuk ongkos pulang dan pergi loh guys.

Pulau Angso Duo sangat cantik dan eksotis, pantai yang landai lengkap dengan pasir putihnya serta ombak yang sangat tenang. Pengunjung bisa melaksanakan aktifitas seperti Snorkling untuk menikmati keindahan bawah laut pulau ini serta pengunjung dapat menjelajahi pulau ini dengan mengikuti rute yang telah tersedia.

10. Pulau Kasiak

Pulau Kasiak Sumber Foto : www.google.com
Pulau Kasiak Sumber Foto : www.google.com

Tak Jauh dari Pulau Angso Duo juga terdapat sebuah pulau yang sangat cantik, pulau tersebut adalah Pulau Kasiak. Pulau ini adalah pulau terjauh jika dibandingkan dengan pulau-pulau yang ada disekitaran Pantai Gandoriah. Untuk dapat sampai ke Pulau ini, kita membutuh waktu selama 30 menit dengan menompangi kapal boat dengan sewa sebesar Rp 70.000,-/orangnya (PP).

Baca Juga:   Inilah 9 Daftar Objek Wisata Kota Padang Panjang Sumatera Barat

Pulau ini mempunyai Pantai dengan pasir putih kecoklatan, dan pastinya sangat cocok untuk aktifitas snorkling, karena pulau ini mempunyai pemandangan bawah laut yang sangat luar biasa.

11. Pulau Bando

Pulau Bando adalah Pulau kecil disekitaran Pantai Gandoriah yang tidak berpenghuni, berpantai pasir putih, dengan hamparan pohon-pohon yang hijau serta memiliki pemandangan bawah laut yang sangat indah. Para pengunjung dapat menikmati suasana sunset yang sangat indah di sore harinya.

12. Pulau Ujung

Satu lagi pulau yang tidak berpenghuni di sekitaran Pantai Gandoriah, Pulau Ujung biasanya masyarakat sekitar menyebutnya. Suasana Pantai ini pada umumnya sama dengan pulau-pulau kecil disekitarnya.

13. Pulau Tangah

Pulau Tangah Sumber Foto : www.google.com
Pulau Tangah Sumber Foto : www.google.com

Gugusan pulau terakhir yang berada didekat Pantai Gandoriah adalah Pulau Tangah. Pulau yang memiliki keindahan yang sangat cantik akan membuat decak kagum anda terhadap pulau ini. Berpasir putih, air laut yang jernih dan hijaunya pepohonan akan menambah suasana dipantai ini.

Demikianlah Anak Desa membahas 13 Tempat wisata yang ada di Kota Pariaman dan Sekitarnya. Semoga Artikel ini dapat menambah wawasan anda tentang Pariwisata yang ada di Provinsi Sumatera Barat.

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY