11 Wisata Premium Kota Padang Sumatera Barat

0
477

Padang, Kota tujuan utama destinasi Sumatera Barat !

Anda pasti sering dengar kata Padang, ya ada nasi padang, sate padang, soto padang dan lain-lain. Hemmm Jadi laper kalo teringat kata Padang ini. Padang itu sendiri adalah Ibukota Provinsi Sumatera Barat, berada di pesisir barat samudera Hindia dan sebagai gerbang utama pulau sumatera, dan tak salah kota ini memiliki berbagai macam budaya dan kuliner nya.

Kota Padang memiliki luas 649.96 Km2 dengan kondisi geografisnya berbatasan dengan Samudera Hindia dan dikelilingi dengan wilayah perbukitan, sehingga kota ini layak sebagai pintu gerbang barat Indonesia.

Sebagai tujuan utama wisata di Sumatera Barat, Kota ini sangat banyak sekali objek-objek wisata, baik itu wisata pantai, wisata budaya dan wisata kuliner. Untuk lebih lengkapnya anda dapat menyimak rincian tempat wisata padang dibawah ini.

1. Pantai Padang

Pantai Padang Sumber Foto : www.google.com
Pantai Padang Sumber Foto : www.google.com

Berada dipusat Kota Padang, Pantai ini menjadi tempat yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Di Pantai ini pengunjung dapat menikmati detik-detik terbenamnya matahari alias sunset guys. Selain itu, Pantai Padang sangat layak buat anda yang ingin bersantai, disini banyak terdapat pedagang-pedagang kaki lima hingga masakan restoran, sehingga liburan andapun akan semakin lengkap.

2. Lubuak Rantiang (Lubuk Ranting)

Lubuak Rantiang Sumber Foto : www.google.com
Lubuak Rantiang Sumber Foto : www.google.com

Objek wisata ini memberikan kesan yang Wow bagi pengunjungnya, Lubuk Sungai Bangek ini bak jadi primadona wisatanya Kota Padang khususnya di sekitaran Koto Tangah. Tempat wisata ini baru Booming, sehingga dibutuhkan 1 jam perjalanan menuju ketempat ini karena medan yang ditempuh masih sangat sulit. Namun, perjuangan untuk mencapat Lubuak Rantiang ini akan terbayar dengan pesonanya tempat ini, karena Lubuk ini mempunyai kolam yang sangat jernih dan ditambah air yang masih segar.

3. Pantai Nirwana

Letak geografis Kota Padang yang berada di Pesisir Barat Pulau Sumatera menyebabkan daerah ini memiliki banyak pantai-pantai yang indah dengan ombak yang menyesuaikan disetiap lokasi-lokasi pantai. Berjarak 14 Km dari Pusat Kota Padang terdapat Pantai Nirwana. Pantai yang cantik ini tidak jauh dari Pelabuhan Teluk Bayur yang tentunya sudah terkenal sejak zaman Kolonial Belanda.

Baca Juga:   Inilah 12 Daftar Wisata Menarik di Dharmasraya Sumatera Barat

Di Pantai ini pengunjung dapat menikmati deretan-deratan kapal besar yang berlabuhdan berlayar, mulai dari kapal dagang hingga kapal yang membawa penumpang ke pulau seberang. Pesona lainnya yang dapat kita saksikan pada malam harinya, gerlipan lampu-lampu kapal yang menyala dipelabuhan ini membuat suasana menjadi romantis.

4. Pantai Caroline

Pantai Caroline Sumber Foto : www.google.com
Pantai Caroline Sumber Foto : www.google.com

Pantai Caroline sebagian masyarakat disini menyebutnya Pantai Teluk Bungus. Pantai ini dulunya jarang dikunjungi oleh wisatawan, namun seiring dengan berjalannya waktu Pantai Caroline telah bertransformasi menjadi destinasi wisata andalan Kota Padang.

Jika dilihat dari peta satelit, pantai ini mempunyai garis pantai seperti huruf W atau sering juga berbentuk gambar hati. Gambar hati pun akan terlihat jelas jika anda mengabadikan moment anda dengan sentuhan drone dari udara lepas.

5. Pantai Air Manis

Pantai Air Manis Sumber Foto : www.google.com
Pantai Air Manis Sumber Foto : www.google.com

Tak lengkap rasanya kalau kita pergi ke Kota Padang tidak mampir ke Pantai Air Manis. Disini pengunjung dapat menemukan batu maling kundang, pada dasarnya batu ini merupakan relief batu berupa pecahan kapal dan seorang manusia yaitu Malin Kundang yang tertelungkup di pasir pantai ini. Legenda inilah yang membuat Kawasan Pantai Air Manis populer bagi wisatawan.

6. Pantai Pasir Jambak

Pantai Pasir Jambak Sumber Foto : www.google.com
Pantai Pasir Jambak Sumber Foto : www.google.com

Pantai yang berjarak sekitar 17 km dari pusat Kota Padang ini merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang menjadi primadona tersendiri bagi pecita keindahan pantai-pantai. Jarak yang tidak terlalu jauh inilah yang membuat wisatawan ingin ketempat ini.

Baca Juga:   10 Tempat Wisata Keren Kabupaten Solok Selatan Jadi Incaran Banyak Orang

7. Sitinjau Lauik

Sitinjau Lauik Sumber Foto : www.google.com
Sitinjau Lauik Sumber Foto : www.google.com

Sitinjau Lauik terdapat didaerah paling Tinggi di Kota Padang, sering juga disebut dengan Padang Scenic Point. Dilokasi ini pengunjung dapat menikmati pemandangan kota dari ketinggian disertai dengan panorama Samudera Hindia. Sitinjau Lauik memiliki ketinggian 1000 meter diatas permukaan laut, sehingga lokasi ini mempunyai udara yang sejuk, sering kali ketika cuaca mendung atau hujan, sitinjau lauik akan tertutup oleh kabut putih.

8. Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya Sumber foto : www.google.com
Jembatan Siti Nurbaya Sumber foto : www.google.com

Anda Tau Siti Nurbaya ? Gadis Minang yang dijodohkan dengan Datuk Maringgih ituloh dalam cerita Filmnya. Okeh Guys, Kali ini kita akan membahas Siti Nurbaya, Namun dalam kesempatan ini kita hanya membahas Objek Wisata yang ada di Kota Padang Ini ya. Tepat sekali, Di Kota Padang ini ada objek Wisata yang bernama Jembatan Siti Nurbaya, Jembatan ini salah satu ikon wisata Kota Padang.  Ini Jembatan terbesar yang ada di Kota Padang, panjang jembatan ini sekitar 100 meter, jika dihitung dari ujung hingga ke ujung satunya lagi, panjang jembatan ini hampir 1 kilometer loh guys, tepatnya 600 meter.

Jembatan ini terletak di Kawasan Kota Tua Padang, yang fungsinya sebagai penggubung antara Taman Siti Nurbaya ( Makam Siti Nurbaya ) dengan kawasan Kota Tua Padang.

9. Museum Adityawarman

Museum Adityawarman Sumber Foto : www.google.com
Museum Adityawarman Sumber Foto : www.google.com

Kali ini kita wisata budaya guys, di Kota Padang terdapat sebuah museum yang bernama Museum Adityawarman yang dibangun sekitar tahun 1974 dan diresmikan pada tanggal 16 maret 1977. Museum ini layak disebut dengan Taman Mininya Sumatera Barat.

10. Wisata Pulau Sikuai

Pulau Sikuai Sumber Foto : www.google.com
Pulau Sikuai Sumber Foto : www.google.com

Untuk ke Pulau Sikuai diperlukan waktu sekitar 35 Menit dari pantai padang dengan menggunakan perahu. Pulau ini sangat cocok bagi anda yang berlibur dengan keluarga, teman-teman atau dengan pasangan. Pulau ini menjajakan keindahan alam dan pantainya yang berpasir putih serta jauh dari keramaian kota. Di Pulai ini kita juga bisa memancing, snorkling dan lain-lain. Penginapan juga disediakan disini, seperti hotel berbintang 2, Homestay dll.

Baca Juga:   Inilah 7 Daftar Wisata Lengkap Kepulauan Mentawai yang di Buru Wisatawan Internasional

11. Wisata Pulau Cubadak

 photo cubadak-juga_zpsowqlebev.jpg
Pulau Cubadak Sumber foto : www.google.com

Pulau ini layak mendapat predikat pulau tercantik dan terindah di Kota Padang. Kawasan Pulau ini berlokasi dekat dengan wisata mandeh Kota Painan, dan tak salah jika pemandangan bawah lautnya menjadi surga bagi para penyelam. Untuk Pergi ketempat ini kita bisa menyewa perahu, motor boat, dan kapal layar lainnya. Disepanjang perjalanan ke Pulau ini, kita bisa berhenti sejenak untuk memancing maupun snorkling.

Serukan berwisata di Kota Padang ini, Kira-kira mana menurut anda tempat yang paling seru di Kota ini. Sesuai dengan Slogan Kota Padang, Ku Jaga dan Ku Bela. Kota Padang Wajib Buat Kita Jaga agar Keindahan Kotanya tetap dapat kita nikmati bersama.

LEAVE A REPLY