10 Tujuan Wisata Keren di Solok Sumatera Barat

2
647
rumah pohon puncak gagoan

Solok merupakan salah satu daerah pencetus lahirnya ajang sepeda bergengsi dunia Tour De Singkarak

Solok merupakan Salah satu daerah tertinggi di Sumatera Barat yang memiliki puluhan objek wisata. Tak Heran di setiap akhir pekan, daerah ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Solok berada pada ketinggian 329 – 1 458 meter di atas permukaan laut yang ini membuat daerah ini memilik udara yang dingin dan pemandangan yang sangat indah.

Solok terkenal dengan Berasnya, sehingga julukan Kota Beras (Kota Bareh) layak diberikan pada daerah ini. Untuk Sampai ketempat ini diperlukan waktu sekitar 2 Jam perjalanan darat dari Bandara International Minangkabau Padang, dengan jarak tempuk sekitar 40 kilometer.

Selain beras sebagai potensi utama daerah ini, potensi lain yang perlu diperhitungkan yaitu Potensi wisata, karena Solok memiliki objek wisata yang hampir sama dengan daerah lainnya di Sumatera Barat.

Lihat Juga: 13 Tempat Wisata Kota Payakumbuh dan Lima Puluh Kota Sumatera Barat

Mari Simak Tempat-tempat wisata Solok dibawah ini :

1. DANAU SINGKARAK

Danau Singkarak Sumber Foto : www.google.co.id
Danau Singkarak Sumber Foto : www.google.co.id

Danau ini merupakan salah satu ikon parawisata Sumatera Barat khususnya Solok. Luas danau ini merupakan danau terluas ke-dua di Pulau Sumatera. Memiliki air yang jernih ditambah dengan riak air nya yang sangat besar, danau ini sangat layak buat dikunjungi oleh wisatawan.

Air yang jernih menyebabkan ikan-ikan yang hidup di danau tidaklah beragam, hanya ada 19 jenis ikan yang pernah tercatat yang dapat hidup. Salah satu ikan yang terkenal adalah Ikan Bilih. Ikan Bilih telah jadi primadona bagi masyarakat sekitar khususnya bagi para nelayan, dan juga Ikan Bilih ini salah satu oleh-oleh wajib bagi wisatawan.

2. DANAU KEMBAR (DANAU DIATEH & DANAU DIBAWAH)

Danau Kembar Sumber Foto : www.google.co.id
Danau Kembar Sumber Foto : www.google.co.id

Banyak yang unik di wisata Solok ini, salah satunya adalah wisata Danau Kembar. Bukan hanya orang atau binatang saja yang kembar, di Solok ini kita bisa menemukan danau yang kembar, Danau Tersebut adalah Danau Diateh ┬ádan Danau Dibawah. Secara penampakan, danau tersebut memiliki perbedaan, Danau Diatas cenderung lebih luas dari pada Danau dibawah. Danau Diatas berlokasi dipinggir jalan raya Padang – Muaralabuh (Solok Selatan), Sedangkan yang satu lagi Danau Dibawah terletak di Kenagarian (Desa Adat) Bukik Sileh di Kecamatan Lembang Jaya.

Untuk Informasi nih Guys, Yang sering diKunjungi Oleh Para wisatawan adalah Danau Diatas, selain letaknya yang strategis dipinggir jalan raya, disekitar Danau inipun banyak terdapat pedagang-pedagang yang menjajakan dagangannya kepada pengunjung, dan juga terdapat sarana Ibadah yang bagus pula.

3. DANAU TALANG

Danau Talang Sumber Foto : www.google.co.id
Danau Talang Sumber Foto : www.google.co.id

Tak salah predikat Kota Danau kita berikan kepada Solok Ini, Selain Danau Singkarak dan Danau Kembar, Solok juga mempunyai satu danau lagi yaitu Danau Talang. Danau Talang ini berbeda dengan danau-danau yang ada di Solok. Bedanya terdapat pada lokasinya, Danau Talang ini berlokasi di Pinggang Sebuah Gunung Api aktif di Solok Sumatera Barat Yakni Gunung Talang.

Danau Talang bisa dikatakan Hadiah buat para pendaki Gunung Talang. Berada di Pinggang Gunung, danau ini bisa berfungsi sebagai tempat beristirahat bagi para pendaki. Jika para pendaki sudah berada di Puncak gunung talang, bayangkan betapa indahnya dunia ini jika anda membuka mata, dan melihat kebawah, ada 3 buah danau yang terbentang dengan pesona air birunya ditambah dengan segarnya udara pengunungan. Yaps semua ini hanya akan bisa anda rasakan jika berkunjung ke daerah ini.

4. PUNCAK GAGOAN

Puncak Gagoan Sumber Foto : www.google.co.id
Puncak Gagoan Sumber Foto : www.google.co.id

Jika anda penikmat tempat ketinggian, inilah lokasi yang tepat bagi anda guys. Tebing yang curam namun indah ini terletak di Kenagarian Paninggahan. Masyarakat sekitar sering menyebut daerah ini sebagai Puncak Gagoan. Puncak ini memiliki keindahan panorama alam yang sangat indah dan unik dari puncak-puncak lainnya karena dihiasi dengan batuan karang yang tersusun rapi.

Diatas puncak ini kita bisa menikmati keindahan Danau Singkarak dari ketinggian dan kita akan dimanjakan dengan tiupan angin yang cukup kencang serta sejuk serta pemandangan hijau yang menyerupai permadani. hehehe….!!!

5. PUNCAK GOBAH

Puncak Gobah Sumber Foto : www.google.co.id
Puncak Gobah Sumber Foto : www.google.co.id

Satu lagi wisata puncak yang syarat dengan kekinian adalah Puncak Gobah. Puncak ini juga menghadap ke Danau Singkarak bagian selatan, sehingga keindahan danau pun dapat kita nikmati di puncak ini. Panorama Yang disajikan di puncak ini antara lain: Kawsan pesisir selatan Danau Singkarak, Persawahan yang sangat luas, dan hutan-hutan yang masih terjaga keasriannya. Untuk Informasi, Puncak ini berada di Desa adat Aripan.

6. RUMAH POHON LAING PARK

Rumah Pohon Sumber Foto : www.google.co.id
Rumah Pohon Sumber Foto : www.google.co.id

Objek wisata yang satu ini berada tidak jauh dari pusat ibukota Solok. Mempunyai Luas sekitar 8 hektar dan memiliki dua rumah pohon dengan kapasitas 5 orang dewas atau 10 orang anak-anak. Rumah pohon ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter dari permukaan tanah.

Suasana Rumah Pohon akan sangat lengkap karena alam menyajikan udara yang sangat sejuk dan nyaman untuk bersantai. Bagi anda yang ingin menyegarkan pikiran ataupun ingin merasakan udara segar pedesaan, Anak desa menyarankan untuk datang ketempat ini.

7. KEBUN TEH ALAHAN PANJANG

Kebun Teh Alahan Panjang Sumber Foto : www.google.co.id
Kebun Teh Alahan Panjang Sumber Foto : www.google.co.id

Jika anda seorang pemburu panorama alam yang penuh dengan warna kehijauan, kebun teh alahan panjang lah yang tepat. Selain tempatnya sejuk, mata pengunjung dimanjakan dengan hamparan luas kebun teh dengan perbukitan yang sangat unik. Pemandangan terlihat sempurna dengan kehadiran Danau Diatas ditambah disepanjang jalan ada pedagang kaki lima lengkap dengan pondoknya yang berjualan jagung bakar.. hmmm…

8. GUNUNG TALANG

Gunung Talang berada pada 4 kecamatan di Kabupaten Solok. Perjalanan menuju Gunung ini dapat ditembuh menggunakan kendaraan roda 4 dengan waktu tempuh dari Bandara Internasional Minangkabau sekitar 2 Jam perjalanan dengan jarak tempuh sekitar 66 kilometer.

Gunung ini memiliki ketinggian 2 597 meter diatas permukaan laut. Ada dua jalur pendakiannya yaitu Bukik Sileh dan Aia Batumbuak. Arena Pendakian Gunung Talang cukup menantag karena kehadiran tebing-tebing yang sangat curam. Kesulitan untuk mencapai puncaknya akan terbayar setelah kita berada di puncaknya, karena indahnya panorama eksotisme 3 danau dan hamparan hijau kebun teh akan menyambut anda dipuncak gunung ini.

9. PEMANDIAN AIR PANAS BUKIK GADANG

Pemandian Air Panas Sumber Foto : www.google.co.id
Pemandian Air Panas Sumber Foto : www.google.co.id

Kehadiran Gunung Talang membuat banyaknya sumber air panas didaerah ini, tak salah di Desa Air Batumbuk ada pemandian air panas yang sangat indah. Anda akan disuguhi dengan pemandangan hijau yang berbukit-bukit dan hamparan sawah yang sangat luas. kondisi pemandian ini cukup bersih dan nyaman bagi pengunjung untuk melakukan relaksasi dan bersantai dengan teman-teman bahkan keluarga anda guys.

10. AIR TERJUN SARASAH BATIMPO

Air Terjun Sarasah Sumber Foto : www.google.co.id
Air Terjun Sarasah Sumber Foto : www.google.co.id

Air terjun berada tidak jauh dari pusat ibukota Solok, tepatnya di daerah Desa Laing, Kecamatan Tanjung Harapan. Air terjun ini berada ditengah hutan dan air nya sangat jernih karena sumber airnya berasal dari air pegunungan. Disini kita juga bisa menjumpai dan menikmati ekowisata seperti pembibitan ikan, camping dan tracking.

Nah, itulah 10 tempat wisata di Solok uang wajib buat anda semua untuk dikunjungi. Ingat, Semua Tempat wisata ini tidak membuthkan biaya yang sangat besar, ada yang gratis juga loh guys…

 

Baca Juga:   Inilah 10 Tempat Wisata Kota Batusangkar Tanah Datar Sumatera Barat Yang Wajib Dikunjungi

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY