10 Destinasi Wisata Lampung Utara yang jadi Incaran Warga

0
345
Tugu Payan Mas
Tugu Payan Mas Sumber://www.google.com

Siapa sih yang gak tau dengan Lampung Utara, kabupaten yang terbesar di Provinsi Lampung pada saat itu, namun seiring dengan pertumbuhan penduduk dan otonomi daerah kabupaten ini tidaklah besar lagi. Sebelum pemekaran, Kabupaten Lampung Utara memiliki luas wilayah sekitar 19ribu kilometer persegi, dan sekarang memiliki luas hanya sekitar 2700an Kilometer persegi.

Pemekaran tersebut tidak mengurangi spot-spot wisata yang ada, tercatat puluhan tempat wisata yang indah-indah, namun Anak Desa hanya akan merangkum 10 Titik Destinasi Wisata Lampung Utara, diantaranya adalah:

1. Bendungan Way Rarem

Pada umumnya Bendungan atau Waduk mempunyai Fungsi sebagai Irigasi pertanian dan Penampungan air. Kurang rasanya jika hanya digunakan sebagai sarana pendukung pertanian, Maka dari itu pemerintah setempat mempunyai pemikiran bahwa bendungan Way Rarem layak dijadikan sebagai tempat wisata keren yang ada di Lampung Utara. Kongkritnya pemerintah lampung utara membangun fasilitas-fasilitas untuk sarana yang dapat dinikmati oleh para wisatawan.

Bendungan Way Rarem ini terletak sekitar 36 Kilometer dari Ibukota Lampung Utara, yakni Kota Bumi.

2. Bendungan Tirta Shinta

Lampung Utara tak hanya mempunyai Bendungan Way Rarem, Namun juga mempunyai satu bendungan lagi yang bernama Bendungan Tirta Shinta. Bendungan ini berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat ibukota lampung utara, Kota Bumi. Bendungan ini tak seluas bendungan way rarem, namun dari segi fasilitas pendukung tak kalah keren loh. Satu lagi nilai tambah bendungan ini, di pinggir bendungan banyak ditumbuhi oleh pohon-pohon besar, sehingga udara disekitaran sangatlah sejuk dan sangat cocok buat rekreasi bersama keluarga.

3. Waduk Way Tebabeng

Ada lagi satu bendungan atau waduk nih yang kudu dikunjungi jika sedang berada di Lampung Utara, yakni Waduk Way Tebabeng, waduk ini memang tak seluas waduk-waduk lainnya dan suasananya pun hampir sama dengan waduk Tirta Shinta. Kalau dilihat dari sisi lokasi, waduk ini adalah yang paling terdekat dengan jalan lintas Sumatera yang hanya berjarak sekitar 4 kilometer saja dan terletak di Desa Jagang – Blambangan Pagar.

4. Tugu Payan Mas

Salah satu kota tertua yang ada di Provinsi Lampung adalah Kota Bumi, Kota Bumi sendiri pun merupakan Ibukota Kabupaten Lampung Utara, sehingga terdapat suatu tugu yang menggambarkan kehidupan tradisional masyarakat lampung, tugu tersebut bernama Tugu Payan Mas atau Tugu Tombak Emas.

Tugu ini merujuk ke salah satu senjata tradisional suku Abung masyarakat lampung. Penampakan Tugu ini melambangkan 9 marga pepaduan lampung utara yang dituangkan dalam bentuk 9 Payan/Perisai.

5. Curug Talang

Memang Lampung Utara sangat terkenal dengan wilayah perairan daratnya. Diwilayah Blambangan Umpu terdapat Curug Kecil yang sangat indah, yakni Curug Talang, seperti namanya. Uniknya Curug ini tidak terlalu tinggi, dan hanya mengalir seperti talangan air saja.

6. Curug Selampung

salah satu curug yang indah di Lampung Utara adalah Curug Selampung, Curug ini mempunyai 2 buah air terjun, dengan ketinggian masing-masing 12 meter dan 20 meter. Curug ini lekat dengan cerita mistisnya, tak sedikit warga yang datang ke air terjun pada malam hari hanya untuk mencari harta karun sepeninggalan pasukan jepang

7. Curug Indah Klawas

Curug yang cantik ini berada di Desa Gunung Klawas – Pekurun Kecamatan Abung Barat dan berjarak sekitar 30 Kilometer dar Kota Bumi. Debit air terjun ini tidaklah terlalu deras sehingga cukup aman untuk bermain guyuran air yang jatuh dari atas. Uniknya Curug ini airnya mengalir merambat disepanjang dinding batu tebing.

8. Curug Menjukut

Dari sekian deretan wahana air yang ada di Lampung Timur, Curg Menjekutlah yang paling bisa menantang adrenalin para wisatawan, pasalnya di Curug ini para wisatawan dapat menikmati sensasi Cliff jumping dari ketinggian 3-4 meter sebelum tercebur kedalam kolam air terjun curug menjukut ini. Pokoknya Spot yang satu ini keren deh.

9. Curug Muara Aman

Curug muara aman merupakan curug yang sangat cantik dan masih sangat asri, karena lokasinya belum banyak orang-orang sekitar yang belum mengetahui keberadaannya. Untuk berpergian kelokasi curug ini, anak desa menyarankan untuk membawa tour guide masyarakat sekitar, mengingat lokasi ini belum cukup banyak yang mengeksposnya.

10. Curug Waras

Curug Waras berada di Desa Tanjung Waras Kecamatan Bukit Kemuning. Curug ini memiliki debit air yang tidak begitu deras dan airnya sangat jernih serta dilengkapi dengan kolam air yang begitu dangkal. Curug ini salah satu curug yang paling ramai dikunjungi oleh wisatawan untuk menghabiskan waktu liburannya.

Nah, itulah 10 destinasi wisata keren kabupaten Lampung Utara yang paling ketjeh menurut Anak Desa, dan masih banyak lagi tempat-tempat wisata kabupaten lampung utara yang belum ke eskpos, maka dari itu Anak Desa menerima semua tanggapan positifnya dari para pembaca setia kami. Terimakasih.

LEAVE A REPLY